Gelaskosong
Tips Aman Saat Menggunakan Transportasi Online Tips Aman Saat Menggunakan Transportasi Online
4.5
Gelaskosong.com – Belakangan ini banyak sekali tersebar berita yang kurang mengenakkan mengenai transportasi online. Berbagai aksi kejahatan menimpa pengguna transportasi online. Pihak penyedia layanan transportasi... Tips Aman Saat Menggunakan Transportasi Online

Gelaskosong.com – Belakangan ini banyak sekali tersebar berita yang kurang mengenakkan mengenai transportasi online. Berbagai aksi kejahatan menimpa pengguna transportasi online. Pihak penyedia layanan transportasi online belum seutuhnya menjamin keamanan penumpang maupun pengemudinya. Telah banyak terjadi kasus-kasus seperti perampokan, pemerkosaan hingga pembunuhan akhir-akhir ini. Kasus yang baru saja terjadi menimpa seorang wanita bernama siska rohani, siska dibunuh dan dirampok oleh mitra pengemudi taksi online.

Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan, kini Gelaskosong punya beberapa tips aman yang dapat kamu terapkan agar terhindar dari aksi kejahatan saat menggunakan transportasi online. Tips yang sangat sederhana ini akan sangat bermanfaat bila diterapkan.

Tips Aman Saat Menggunakan Transportasi Online

1.   Lokasi Penjemputan

Tentukan lokasi penjemputan yang aman, pastikan titik penjemputan berlokasi di tempat umum atau ramai. Hal ini akan berguna sekali dalam mengurangi tindak kejahatan. Karena pada umumnya pelaku tindak kejahatan lebih sering melancarkan aksinya di tempat tempat  yang sepi.

2.   Cek Identitas Pengemudi

Selalu sesuaikan identitas pengemudi, cek nama, jenis kendaraan, plat nomor dan foto pengemudi yang terdapat di aplikasi cocok dengan aslinya. Jika terdapat perbedaan antara data di aplikasi dan aslinya ada baiknya batalkan orderan tersebut. Selain beresiko, hal tersebut juga tidak dibenarkan oleh penyedia layanan. Pihak perusahaan tidak membenarkan pengemudi menggunakan orang/kendaraan yang berbeda dari yang tertera di aplikasi.

3.   Pahami Rute Perjalanan

Penting sekali memahami rute perjalanan tujuan kamu, perhatikan rute perjalanannya apakah sudah benar atau justru melenceng dari jalan yang seharusnya. Sekalipun kamu tidak paham rute tujuan kamu karena baru pertama kali didatangi. Setidaknya manfaatkan Google Maps yang terdapat di aplikasi untuk memastikan perjalanmu sudah benar.

4.   Kabari Orang Terdekat

Hal ini jika memungkinkan, screenshoot biodata pengemudi di aplikasi yang menampilkan identitasnya. Lalu sampaikan pada orang terdekat bahwa kamu sedang menggunakan taksi online dan kirimkan hasil screnshoot tadi. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan maka setidaknya ada orang yang tau history perjalanan terakhir kamu. Tapi kita semua berharap, perjalanan kita selamat sampai tujuan.

Keluarga Menanti Dirumah

5.   Simpan Nomor Orang Terdekat

Kini setiap handpone memiliki fitur Speed Dial, manfaatkan fitur tersebut. Sisipkan nomor orang terdekat seperti orang tua, kerabat, atau pasangan di Speed Dial. Kegunaannya jelas untuk mempemucah dan mempercepat menghubungi orang terdekat bila terjadi sesuatu.

6.   Hindari Menggunakan Perhiasan Berlebihan

Pesan ini sangat umum kita dengar baik dari orang tua atapun orang lain. Jangan menggunakan perhisaan secara berlebihan atau mencolok di tempat umum. Karena hal ini akan menarik perhatian para penjahat. Ingat kata bang Napi “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku tetapi juga karena adanya kesempatan“. Terutama saat berada di dalam kendaraan hanya berdua dengan pengemudi, bisa saja setan datang menggoda di pengemudi untuk berbuat kejahatan.

7.   Selalu Waspada

Pastikan pengemudi dan kamu menggunakan atribut keselamatan sepeti Helm untuk motor dan Seatbelt pada mobil. Bila pengemudi yang kamu pesan tiba-tiba memasukkan penumpang lain tanpa seijin dan sepengetahuan kamu, kamu berhak bahkan wajib protes. Hal ini wajib kamu pastikan sebelum dan saat di perjalanan. Beda ceritanya jika kamu memang menggunakan fitur Nebeng dari aplikasi. Bukan bersifat lebay, semua demi mengurangi resiko yang akan terjadi diperjalanan.

Semoga Tips Aman Saat Menggunakan Transportasi Online tersebut dapat bermanfaat.Baik menggunakan transportasi online ataupun kendaraan pribadi intinya selalu waspada di perjalanan. Terutama bagi kamu pengguna transportasi online, jangan sampai lengah dan usahakan tidak tertidur di perjalanan. Tetap waspada dan selalu berhati-hati.

Ref : https://kumparan.com/@kumparantech/7-tips-aman-berkendara-dengan-taksi-online

 

Muhamad Irfan

saya ya saya,, hanya orang biasa yang mencoba mencari celah dalam sempitnya pola fikir diri sendiri dan orang lain terhadap saya, biarkan saja mereka berkarya dengan caranya, apapun itu, siapapun itu, tetaplah sama MANUSIA !!

  • spotsinopsis

    20 April 2018 #1 Author

    bener juga ya harus tau cara aman pakai jasa transportasi online

    Balas

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: