Gelaskosong
6 Penyebab Ojek Online Sepi Orderan 6 Penyebab Ojek Online Sepi Orderan
Gelaskosong – Tak terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2017, tahun yang penuh kenangan disetiap waktu yang telah kita lewati. Selamat menjelajahi tahun... 6 Penyebab Ojek Online Sepi Orderan

Gelaskosong – Tak terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2017, tahun yang penuh kenangan disetiap waktu yang telah kita lewati. Selamat menjelajahi tahun baru 2018, semoga ditahun yang baru kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal. Dipenghujung tahun 2017 ini, begitu banyak teman-teman penjelajah dunia maya yang tersasar dalam situs saya ini, terutama mereka yang mungkin berprofesi sebagai driver ojek online. Setidaknya ada 22.000 pengunjung situs ini mencari artikel tentang sepinya orderan ojek online. Rata-rata dari mereka masuk dengan keyword gojek sepi order, grabbike sepi, uber sepi, grab gagu, gojek gagu dan lain sebagainya. Apanya yang gagu om ? hehehee…

Tak hanya satu dua orang yang merasakan sepinya orderan ojek online dalam satu bulan terakhir. Dalam grup media sosial seperti facebook, whatsapp, dan forum-forum online yang bertemakan ojek online banyak cuitan anggotanya “Orderan anyeb, Anyeb benner ini hari, orderan sepi, lagi mengheningkan cipta.. dll”. Mungkin kamu salah satu yang merasakannya ?

Sepinya orderan memang bisa membuat drivernya menjadi galau, terutama bagi mereka yang fokus sebagai driver ojek online dalam mencari nafkah. Tak ada orderan artinya tak ada rejeki untuk dibawa pulang. Lantas apa penyebab orderannya kok bisa sepi ? Asal-muasal sepinya orderan bisa terjadi dikarenakan kesalahan dari sang driver itu sendiri, bisa juga disebabkan oleh banyaknya driver, penumpangnya yang memang lagi gak ada.

Banyak dari rekan-rekan driver ojek online mengeluhkan sepinya orderan disebabkan jumlah driver baru terus bertambah setiap harinya.Perusahaan ojek online lebih memprioritaskan driver baru ketimbang yang lama,. Habis manis sepah dibuang,, kata mereka sih begitu. Entah benar atau tidaknya mengenai hal itu saya juga tidak dapat memberi jawaban pasti.

Terlepas dari isu banyaknya driver baru menjadi penyebab sepinya orderan. Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai penyebab sepinya orderan atau disebut suspend sementara. Informasi ini dirangkum dari rekan-rekan senior ojek online. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, ada baiknya teman-teman membaca artikel sebelumnya mengenai :

7 Penyebab Sepinya Orderan Ojek Online
7 Cara Mendapatkan Penilaian Terbaik Dari Penumpang

Oke lanjut, kita bahas penyebab sepinya orderan ojek online versi rekan senior.

1.   Sering Mengabaikan Orderan

Ini dia faktor utama penyebab orderan ojek online sepi , orderan dalam ojek online sudah tersistem secara otomatis. Sekalipun kamu ada yang menggunakan app tambahan apapun itu bentuknya kalau sering mengabaikan orderan sama aja boong. Mengabaikan orderan artinya kamu keluar batas dari sistem yang sudah ditentukan.

Jadi buat kamu yang gak mau orderannya sep, jangan terlalu sering mengabaikan atau pilih-pilih orderan yang masuk. Misalnya kamu ngebid dari pagi, ada orderan masuk dekat ataupun jauh sikat aja semua.  Menurut pengalaman kamu sesama bikers, 3-5 orderan pertama itu sangat berpengaruh terhadap kelancaran orderan selanjutnya.

2.   Terlalu Banyak Pembatalan

Menjaga stabilnya persentase penerimaan sangatlah penting, selain untuk memperlancar orderan, hal ini menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bonus tambahan. Kesalahan yang sering dilakukan driver untuk membatalkan orderan adalah dengan cara mengalihkan settingg jaringan ke Mode Pesawat.

Mungkin benar persentase penerimaan tidak turun, tapi ini tidak bertahan lama karena ini merupakan suatu kesalahan yang akan membuat orderan sepi. Kalau memang ingin membatalkan orderan lakukanlah dengan cara yang baik dengan menghubungi penumpangnya atau melaluipusat bantuan peruhaaan ojek online, jangan melakukan pembatalan secara sepihak.

3.   Terpaku Di Satu Lokasi

Berbagi lagi pengalaman dari rekan sesama Bikers senior. Misalnya kamu udah mangkal di satu tempat 1-2 jam sama sekali gak ada orderan bisa jadi itu pertanda akun kamu di gaguin.  Pekerjaan ojek online tak harus melulu fokus disatu lokasi, tak harus mangkal di satu tempat layaknya ojek pangkalan.  Jadi kalau udah terasa sepinya gak wajar, lekas pindah lokasi, jangan terpaku di satu tempat. Dimanapun kamu jalan disistu akan ada potensi untuk mendapatkan orderan baru. Lanjutkan …

4.   Mengaktifkan Satu Fitur

Yang sering lagi terjadi dan dilakukan terutama driver pemula ialah fokus pada satu fitur saja. Diantara kamu pasti pernah menemukan rekan atau pengalaman sendiri malah, hanya mengandalkan satu fitur yang ada. Padahal fitur yang disediakan oleh perusahaan ojek online beragam. Kenapa tidak dimanfaatkan semuanya untuk bisa menambah peluang masuknya orderan baru.

Misalnya di Grab aktifkan fitur Grabbike dan GrabExpress, atau semuanya ditambah GrabFood. Agar orderannya tidak hanya datang dari satu fitur saja. Jadi jangan hanya mengandalkan satu fitur saja, setidaknya aktifkan dua fitur.

5.   Terdeteksi Menggunakan Aplikasi Terlarang

Lagi, ini yang paling parah penyebab sepinya orderan dikarenakan sistem mendeteksi adanya aplikasi tambahan yang terlarang. Misalnya hp kamu menggunakan sistem operasi smartphone yang sudah di modifikasi, menggunakan Mod, tuyul, fake GPS. Sekalipun bertujuan untuk memperlancar orderan, sistem tetap membaca cara ini merupakan cara yang curang. Saat sistem mendeteksi penggunaan aplikasi terlarang bukan hanya sepi orderan yang akan dirasakan, parahnya lagi kamu bisa di suspend dan diputus mitra untuk selamanya.

6.   Laporan Tidak Menyenangkan

Mungkin diatara teman-teman masih ingat atau pernah membaca tentang seorang bapak driver Gojek yang di suspend karena laporan tidak dari penumpangnya. Hal ini mungkin jarang terjadi, pelanggan atau penumpang melaporkan driver ke Customer Service akan hal yang tidak menyenangkan yang dia alami selama diperjalanan. Entah itu benar-benar terjadi karena pelayanan driver kurang bagus atau memang karena si pelanggan itu sendiri iseng. Oleh karena itu sangat penting buat kita driver ojek online memberikan pelayan terbaik saat sedang membawa penumpang. Selalu ikuti standar pelayanan dari perusahaan, seperti halnya menggunakan atribut lengkap jaket dan helm.

Bagaimana ? Apakah diatara teman-teman sekalian yang merasa orderannya sepi pernah melakukan salah satu diantara 6 penyebab orderan sepi diatas ? Semoga bahasan kali ini dapat bermanfaat dan menjadikan kita driver ojek online semakin lebih baik lagi. Lancar terus orderanya, lancar terus rejekinya. Bagaimanapun transportasi online merupakan hal yang baru saat ini, kedepannya semoga menjadi lebih baik lagi.

Muhamad Irfan

saya ya saya,, hanya orang biasa yang mencoba mencari celah dalam sempitnya pola fikir diri sendiri dan orang lain terhadap saya, biarkan saja mereka berkarya dengan caranya, apapun itu, siapapun itu, tetaplah sama MANUSIA !!

%d blogger menyukai ini: