Gelaskosong
Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial
5
Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial. Saat ini kemajuan tekhnologi sudah tak dapat dibendung lagi, bisa kita lihat dari perkembangan jaman yang semakin modern. Hal... Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial

Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial. Saat ini kemajuan tekhnologi sudah tak dapat dibendung lagi, bisa kita lihat dari perkembangan jaman yang semakin modern. Hal itu turut mengubah kebiasaan orang diseluruh dunia. Terutama dibidang komunikasi, mungkin kita sudah mengenal berbagai situs media sosial seperti Facebook,  Google+, Instagram, Youtube yang lainnya. Dengan adanya media sosial tersebut tentunya sangat mempermudah kitga dalam penyebaran informasi pada siapapun dan dimanapun. Dengan media sosial pula penyebaran informasi tadi menjadi sangat cepat bahkan hanya dalam hitungan detik.

Saya menggunakan media sosial sejak duduk dibangku SMK. Waktu itu media sosial hanya saya gunakan sebagai wadah untuk exis, pamer, bahkan wadah untuk mencurahkan kegalauan. Wajarlah saat itu masih labil, gak ngerti gimana cara memanfaatkan media sosial dengan bijak.

Indonesia masuk dalam daftar pengguna media sosial facebook tertinggi didunia. Hal ini membuktikan kedepan pemasaran secara digital lebih efektif ketimbang offline. Bisa kita perhatikan, setiap hari ada saja orang yang mempromosikan bisnis mereka melalui media sosaial seperti facebook, Intagram, dan Youtube. Kalau dulu mungkin, emak-emak jualan kerudung, baju, sepatu, dll hanya bisa dipasar, sekarang mereka jualan secara Live Streaming di facebook. Itupun dengan omset yang gila-gilaan. Penontonnya sampai ribuan, bayangin.

Itu salah satu contoh memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis secara online. Pada dasarnya media sosial itu ibaratkan jembatan yang membantu anda dan orang lain dalam hal komunikasi. Pertanyaannya, komunikasi seperti apa yang anda bangun ? Untuk galau-galauan semata, atau untuk mengembangkan bisnis yang ada ?

Kalau anda ingin segera menggunakan media sosial sebagai sarana mengembangkan bisnis, anda harus siap dan memperhatikan hal ini :

PERHATIKAN EMPAT HAL INI

  1. Harus siap online setiap hari
  2. Harus siap fast respon dalam menjawab pertanyaan calon pelanggan
  3. Wajib ramah dan sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan
  4. Menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan baru maupun pelanggan lama

Empat hal yang disebutkan diatas merupakan hal yang sangat penting anda perhatikan ketika ingin mengembangkan bisnis secara online. Kalau anda tidak dapat melakukan salah satu hal diatas, kecil kemungkinan bisnismu akan berkembang. Kenapa ? karena sudah pasti pelayananmu tidak bisa maksimal.

MANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS

Kalau anda belum tahu dan baru akan memulai bisnis online melalui media sosial, hindari anti pati dengan media sosial. Media sosial dapat membantu anda dalam hal mengembangkan bisnis, banyak orang yang sudah memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan bisnis mereka. Sudah saya sampaikan diatas, emak-emak jualan kerudung secara live di facebook dengan penonton hingga ribuan. Omsetnya penjualannya itu Edaan brooo. Bahkan sering mereka gunakan sistem lelang dalam strategi penjualannya. Untungnya berapa ? yang pasti berlipat-lipat.

Beberapa orang yang saya kenal sukses dalam mengembangkan bisnis nya melalui media sosial seperti :

  1. Arli Kurnia
    arli kurnia bebas hutang

    Kalau saya bilang beliau ini bisa disebut praktisi bisnis, dan juga konsultan bebas hutang (bebashutang.guru)
    Selain itu dia juga sukses membuat banyak orang memiliki bisnis dengan produk sendiri.
  2. Bong Affand
    bong affand scrapper indonesia
    Komunitas Scrapper Indonesia (scrapperindonesia.com) yang didirikannya dengan personal branding mencetak omset 500 juta dalam 3 bulan

  3. Ndika Mahrendra
    ndika mahrendra diet mentoring
    Pemilik 2 brand supplemen kesehatan program kelas onlinenya Sukses 14 angkatan bernilai ratusan juta (dietmentoring.com)

Masih banyak lagi orang-orang yang sukses mengembangkan bisnis nya melalui media sosial. Media sosial membantu memperluas pasar dan jaringan bisnis kita. Saya yakin anda yang menggunakan media sosial seringkali mendapatkan berbagai macam info bisnis terbaru. Dilain artikel akan saya bahas lebih dagingnya lagi mengenai cara memanfaatkan media sosial sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Muhamad Irfan

saya ya saya,, hanya orang biasa yang mencoba mencari celah dalam sempitnya pola fikir diri sendiri dan orang lain terhadap saya, biarkan saja mereka berkarya dengan caranya, apapun itu, siapapun itu, tetaplah sama MANUSIA !!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: