Gelaskosong
Cara Memilih Supplier Di Tokopedia Cara Memilih Supplier Di Tokopedia
5
Memilih Supplier, (Gelaskosong.com) – Meskipun anda ini dropshipper, anda juga harus cermat dalam memilih calon Supplier dropship kita. Kualitas supplier yang anda pilih nantinya... Cara Memilih Supplier Di Tokopedia

Memilih Supplier, (Gelaskosong.com) – Meskipun anda ini dropshipper, anda juga harus cermat dalam memilih calon Supplier dropship kita. Kualitas supplier yang anda pilih nantinya akan mempengaruhi kredibilitas toko online anda. Dan ini sangat erat kaitannya dengan kepuasan customer anda nantinya. Berikut saya jelaskan beberapa indikator yang harus anda perhatikan sebelum memilih supplier dropship anda. Anda bisa mencari calon supplier dari marketplace yang ada (tokopedia, bukalapak, shopee)

Cara Memilih Supplier Yang Ditokopedia

Berikut saya berikan contoh memilih supplier di Tokopedia, sekalipun anda mencari supplier di markeplace lain saya rasa tidak akan berbeda jauh.

1.   Cari kata kunci produk

Sebelum anda menemukan supplier yang tepat, pastikan anda sudah memilih niche (kategori) produk yang ingin anda jual. Misal anda ingin menjual produk yang berhubungan dengan perlengkapan rumah tangga, jadi nanti ada cari salah satu jenis produk perlengkapan rumah tangga.

2.   Tentukan Kota Pengiriman

Pastikan supplier anda berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dll. Saran saya cari supplier yang berlokasi di Jabodetabek. Dan pastikan juga alamat toko anda berada di satu lokasi yang sama dengan supplier, tanpa memperdulikan lokasi asli anda.

Misal, anda tinggal di Malang, supplier anda di Jakarta, maka anda “WAJIB” mencantumkan alamat Jakarta pada toko anda. Tujuannya agar tidak ada selisih ongkos kirim.

3.   Dukungan Pengiriman Instan

Agar kita bisa tau bahwa supplier yang anda pilih benar-benar memiliki produk yang dijualnya ialah dengan memilih dukungan pengiriman Instan seperti Gosend & Grab Express. Jadi pada bilah dukungan pengiriman pilih Instan Courier (tokopedia).  Pada umumnya supplier yang asli akan mengaktifkan dukungan pengiriman seperti Instan Courier, JNE, dan J&T.

Konsep Bisnis Dropship

4.   Cek Reputasi Toko

Reputasi toko dapat anda lihat dari beberapa indikator berikut :

a.   Tingkat reputasi

Perhatikan badge yang dimiliki toko, untuk tokopedia minimal cari supplier dengan reputasi Gold 1 (5000 point), lebih tinggi reputasi toko lebih bagus.

b.   Kecepatan Toko

Pada tokopedia bisa kita cek indikator kecepatan toko, minimal cari supplier dengan tingkatan”Cepat” Semakin bagus kecepatan toko menandakan bahwa supplier yang anda pilih Fast Respon.

c.   Cek Produk Terjual

Hal ini berhubungan dengan tingkatan reputasi toko, semakin banyak produk terjual  otomatis reputasi toko supplier turut meningkat.

d.   Rating Produk

Yang tidak kalah penting dalam memilih supplier berkualitas ialah dengan melihat ulasan/ feedback dari para pembeli sebelumnya. Cari supplier dengan rating produk terbaik, kalau di tokopedia minimal cari supplier dengan tingkatan rating 4.5/5 bintang. Lihat juga ulasan-ulasan pembeli, pastikan lebih banyak yang mengulas positif.

e.   Cek Kebijakan Supplier

Setiap supplier pastinya memiliki kebijakan tersendiri, terutama terkai proses pengembalian barang. Hal ini berguna sekali ketika anda mendapatkan klaim dari customer akan produk yang anda kirim. Klaim bisa terjadi karena kerusakan atau cacat karena berbagai sebab. Untuk itu anda wajib mengetahui kebijkan ini sebelum akhirnya kebingungan menanganinya. Pastikan supplier anda selalu menanggapi keluhan-keluhan seperti ini dengan baik. Jangan sampai anda malah yang mengganti rugi ke customer anda.

Setelah anda mendapatkan calon supplier langkah selanjutnya ialah meminta ijin untuk menjadi dropshippernya. Jika sudah mendapatkan ijin silahkan digas untuk Copy produknya dan anda upload ulang ke toko anda dengan harga yang sudah anda Mark Up sebelumnya.

Dropship adalah cara termudah untuk memulai bisnis online, terutama bagi anda yang masih pemula minim modal dan tidak memiliki pengalaman. Untuk mempermudah anda dalam menjalani bisnis dropship ini, sudah saya sediakan komunitasnya. Silahkan bergabung dengan Grup Facbook saya DBS (Dropship Business School) dan jangan lupa Like dan Follow Fanpage saya, Irvan Dharma.

Muhamad Irfan

saya ya saya,, hanya orang biasa yang mencoba mencari celah dalam sempitnya pola fikir diri sendiri dan orang lain terhadap saya, biarkan saja mereka berkarya dengan caranya, apapun itu, siapapun itu, tetaplah sama MANUSIA !!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: