Gelaskosong
Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan
4.5
Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan

Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan – Perjalanan cinta sepasang kekasih pasti mengharapkan akan berakhir dengan pernikahan. Dimana pernikahan adalah peristiwa sakral yang didambakan oleh banyak orang, sehingga diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Karena begitu sakralnya sebuah peristiwa pernikahan, maka persiapan dan proses menuju pelaminan terasa demikian panjang dan memerlukan energi yang tidak sedikit.

Banyak rumor yang beredar di masyarakat bahwa semakin dekat waktu pernikahan bagi pasangan maka godaan akan semakin besar. Kadang timbul bayangan kelak dalam rumah tangga banyak kejenuhan yang dirasakan. Ketakutan nantinya tidak akan bahagia bersama dengan pilihan anda. Bahkan muncul pemikiran apakah sudah siap menghabiskan sisa hidup bersama orang yang sama, sementara banyak godaan atau tawaran yang lebih menggoda. Hal ini bisa saja terjadi dan menggoda perasaan menjelang pernikahan anda.

Keraguan yang anda rasakan bukan berarti begitu saja anda ikuti, karena bagaimanapun juga perlu pemikiran dan persiapan yang matang. Apalagi jika persiapan pernikahan sudah anda lakukan bersama pasangan, tidak mungkin semudah itu anda bubarkan dan kacaukan hanya karena keraguan sesaat tanpa dipikirkan kembali.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang bisa anda simak untuk mengatasi keraguan menjelang pernikahan diantaranya

1. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Ketika rasa ragu muncul disaat pernikahan sudah direncanakan, jangan langsung berpikir untuk membatalkan, namun pikirkan lagi dengan matang dan dalam kondisi yang tenang. Ambil waktu luang untuk sendiri beberapa saat, mintalah pada pasangan untuk mengerti bahwa anda ingin sendiri.

Renungkan lagi mengapa ada rasa ragu yang mengganggu pikiran anda, bila itu menyangkut pasangan atau keluarga, segera bicarakan dengan pasangan, agar tidak ada masalah lebih besar dikemudian hari.

2. Menemukan dan Merenungkan Alasan Menikahi Pasangan

Tidak bisa dihindari bahwa mempersiapan pernikahan yang dilakukan menguras banyak tenaga dan waktu. Jika anda telah berencana untuk mengakhiri pernikahan karena keraguan yang anda alami. Maka untuk apa semua ini anda lakukan? Sia-sia saja tentunya dan hanya buang-buang waktu.

Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan

Memang keputusan untuk menikah dilatar belakangi oleh beberapa faktor, bisa jadi karena perjodohan, terpaksa menikah karena sesuatu hal atau memang sudah keputusan berdua dengan pasangan. Semestinya ada sudah tahu apa yang membuat anda ragu, dan bila itu bisa diantisipasi dengan bicara lagi bersama pasangan atau pihak keluarga, tentu keputusan tetap ditangan anda berdua.

3. Berusaha Terbuka dan Jujurlah Terhadap Pasangan

Semangatnya menghadapi pernikahan yang semakin dekat, terkadang diiringi dengan harapan yang indah-indah. Namun setelah proses lamaran telah usai maka anda mendapati pasangan kembali pada rutinitas semula yang sibuk dan padat. Saat itu Anda mulai berpikir bahwa nantinya kehidupan rumah tangga anda dan pasangan tidak akan berjalan mulus, karena kesibukan masing-masing.

Memang kenyataannya dalam kehidupan berumah tangga yang dijalani oleh sepasang suami istri, tidak selalu mengenai hal-hal yang membahagiakan dan indah saja. Namun itulah realitanya, ketika anda dan pasangan sudah siap menikah, artinya anda sudah siap dengan kondisi tersebut. Untuk mengantisipasinya, anda hanya tinggal mendiskusikan dengan pasangan apa yang diinginkan serta harapan-harapan anda kedepannya.

Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan

4. Mencoba Diskusi Dengan Sahabat yang Dipercaya

Jangan pernah menyimpan keraguan dalam hati anda sendiri. Ceritakanlah semua mengenai apa yang sedang anda rasakan pada sahabat-sahabat anda. Namun berhati-hati memilih sahabat untuk berdiskusi jangan sampai menjadi bahan bergosip yang bisa sampai pada pasangan anda. Intinya temukan seseorang yang bisa anda percaya, minimal bisa mengurangi beban hati anda. Sahabat yang baik akan memberikan solusi dari masalah yang anda hadapi bukan malah makin menambah masalah dengan menceritakannya pada orang lain.

5. Coba Kenali Lebih Dalam Karakter Pasangan Anda

Jika anda dan pasangan masih dalam tahapan penjajakan, atau mungkin menikah tanpa melalui tahapan pendekatan yang cukup lama. Maka tidak bisa dihindari kalau sikap anda berdua akan kaku dan masih tertutup dengan rasa malu dan gengsi bila harus bersikap apa adanya.Tentu saja wajar bila hal ini memberikan anda keraguan yang besar mengenai kehidupan anda setelah menikah.

Untuk itu coba kenali lebih dalam karakter pasangan anda sebelum memutuskan menikah, perbanyak diskusi dan lakukan kegiatan bersama-sama.

6. Jangan Mau Digoda dengan Masa Lalu

Siapapun punya masa lalu, dan godaan terbesar seseorang yang akan menikah adalah masa lalu. Seharusnya ketika anda dan pasangan sudah merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, jangan lagi berpikir kebelakang tapi fokuskan pikiran anda berdua hanya pada rencana pernikahan anda.

Sebaiknya ingatan-ingatan semacam ini jangan membuat anda tergoda atau mungkin goyah dan membuat keyakinan anda terhadap pasangan menjadi runtuh. Setiap orang punya masa lalu dan hanya yang berjiwa tegar mampu mengatasinya agar tidak menganggu masa depannya.

Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan

7. Berusaha Percaya Kepada Diri Sendiri

Keraguan yang anda rasakan hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya, karena hanya anda yang bisa merasakan serta mengetahui sejauh mana komitmen anda bersama pasangan dalam menghadapi pernikahan. Jika anda sudah berpikir ulang dan merenungkan baik buruknya, anda perlu percaya dengan diri sendiri, artinya yakin dengan apa yang anda rasakan.

Jangan takut dengan ikatan pernikahan yang anda jalani dengan pasangan. Karena pernikahan adalah ibadah, apapun yang anda lakukan untuk pasangan bila sudah menikah, semuanya akan mendapat pahala. Asalkan semuanya dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

8. Mencoba Berpikir Realistis

Pernikahan yang akan anda hadapi adalah momen yang terpenting dalam hidup anda, untuk itu anda perlu berpikir realistis dalam menyikapi keadaan yang tidak sesuai harapan. Hindari emosi sesaat, karena hanya akan membuat anda mendapat masalah yang lebih besar nantinya. Selalu berpikirlah berlandaskan fakta yang anda, bukan mengedepankan emosi yang justru akan membuat anda semakin dilanda dengan keraguan yang besar.

Apabila anda dan pasangan memang sudah meniatkan untuk menikah dan sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Maka kemungkinan tidak akan mudah untuk mengingkari komitmen yang ada tersebut. Apalagi jika disebabkan oleh hal – hal yang tidak jelas faktanya.

9. Selalu Dihantui Rasa Cemas Yang Berlebihan

Seseorang yang merasakan ragu disaat akan melangkah pada jenjang pernikahan, dikarenakan dipengaruhi angan-angan buruk atau imajinasi. Takut menghadapi kenyataan jika nantinya pasangan yang tadinya berwajah menarik, akan berubah dan membosankan. Serta takut jika pernikahan akan membuat anda terkurung dan tidak bebas lagi melakukan kegiatan yang disukai.

Rasa cemas akan menghadapi pernikahan yang mengecewakan seharusnya tidak perlu menghantui anda, karena ketika sudah merencanakan menikah artinya anda sudah harus siap lahir dan batin. Selain itu sudah punya persiapan secara materi, bahkan semuanya harus sudah dibicarakan secara matang dengan pasangan.

Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan

Yakinlah bahwa dengan pemikiran yang matang serta diskusi dengan pasangan tentang masa depan dan apa yang perlu dihindari untuk mendapatkan pernikahan bahagia, maka anda sudah tidak perlu ragu lagi. Karena dengan niat yang baik dan tulus semoga pernikahan yang bahagia dapat anda raih bersama pasangan. Demikianlah artikel mengenai 9 Cara Membuang Keraguan Menjelang Pernikahan, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda. Selamat mencoba

Muhamad Irfan

saya ya saya,, hanya orang biasa yang mencoba mencari celah dalam sempitnya pola fikir diri sendiri dan orang lain terhadap saya, biarkan saja mereka berkarya dengan caranya, apapun itu, siapapun itu, tetaplah sama MANUSIA !!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: