4 Strategi Promosi Terbaik Sepanjang Waktu

Posted by

Gelaskosong –  Promosi merupakan hal terpenting yang wajib diketahui dan dikuasai dengan baik bagi anda yang para pebisnis. Bisnis online ataupun offline tetap membutuhkan promosi, tujuannya sangat jelas yaitu untuk memperkenalkan produk yang dimiliki dan memperluas pasar agar usaha yang dikelola dapat maju dan berkembang dengan baik.

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu ada siklus tersendiri, ada kalanya permintaan akan produk yang kita jual meningkat drastis dan ada waktu dimana penjualan produk tersebut menurun. Lantas penjualan yang seperti apa yang bagus ?

Penjualan produk yang bagus ialah yang stabil dan konsisten atau memiliki pelanggan tetap, sehingga repeat order tersebut akan terjadi secara otomatis ketika konsumen anda benar-benar merasa membutuhkan produk yang anda jual, atau karena sangat nyaman dengan pelayanan yang anda berikan. Ada beberapa faktor yang membuat konsumen balik lagi dan lagi untuk membeli produk anda, hal itu akan dibahas di artikel lain. Sekarang mari kita bahas bagai mana cara memperkenalkan produk atau berpromosi yang baik, sehingga brand dari produk anda melekat di ingatan orang.

Contoh : Ketika ada seorang teman ingin membeli sebuah Smartphone yang canggih brand mana yang akan anda tawarkan ? seketika mungkin anda akan mengatakan SAMSUNG ,, atau bahkan APPLE

Ketika teman tersebut inginkan smartphone yang murah tapi berkualitas ? mungkinkan anda menawarkan XIAOMI ? atau ADVAND ?

Itulah brand, melakat dengan kelebihannya masing-masing. Begitulah kegunaan promosi yang harus anda lakukan pada produk anda.  Metode promosi berikut ini banyak dipilih dan digunakan saat ini karena memang terbukti efekti dan ampuh serta murah meriah bahkan gratis. Setidaknya ada 4  strategi promosi yang handal dan sangat perlu anda lakukan.

1.   Sosial Media

Dijaman serba modern ini sudah dapat dipastikan hampir setiap orang memiliki akun media sosial bahkan lebih dari satu, tua muda semuanya sama. Selain untuk exis dan menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Anda bisa berpromosi di Facebook, Twitter, bahkan Instagram. Kenapa harus di media sosial ? jelas karena pengguna media sosial seperti disebut diatas sanat tinggi, dengan cara ini anda dapat mempromosikan bisnis anda dengan jangkauan yang luas, dalam maupun luar negeri.

2.   Toko Online

Saat ini berbelanja secara online sudah menjadi kebiasan setiap orang guna menghemat waktu dalam bertransaksi, tak heran toko online kian hari kian bertambah banyak, ditunjang para develop yang menyediakan aplikasi tokoonline seperti Lazada, tokopedia, bukalapak, shopee dll. Berbelanja ataupun berniaga semakin praktis. Pelanggannya siapa ? seluruh pengguna internet di Indonesia bahkan mancanegara berpotensi menjadi pelanggan anda, Hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai salah satu strategi promosi untuk sebuah bisnis.

3.   Video Online

Pernahkan kalian nonton video di youtube yang sedang Unboxing atau melakukan tutorial-tutorial produk tertentu ? apa anda berfikir orang-orang tersebut kurang kerjaan ? tanpa tutorialpun bisa dibilang semua orang sudah tau cara menggunakan hijab, cara memakai pomade. Tugas anda ialah melakukan hal yang sama, buatlah review dari produk yang anda jual secara detail, mulai dari bahan, jenis produk, kualitas dll yang dianggap perlu guna mempermuda konsumen anda mengetahui produk yang kalian jual. Seringkali konsumen merasa kecewa saat belanja online, kenpa ? produk yang muncul di display toko online saat tiba di tangan konsumen ternyata tidak sesuai harapan. Disitulah kegunaan review yang perlu anda lakukan.

4.   Iklan Online

Metode 1 sampai 3 ditasa merupakan cara mudah dan bisa dibilang gratis untuk berpromosi. Tak dapat dipungkiri bahwa yang namanya promosi pada sebuah bisnis tentu membutuhkan biaya. Pernahkan anda membaca korang dan disitu anda membaca iklan “SEDOT WC” atau yang lainnya ?

Pernahkan anda mengunjungi sebuah website / medsos terdapat iklan yang muncul di website tersebut ?
menurut anda metode iklan mana yang lebih efekti, sesuai target dan sesuai budget terbatas ?

Jelas lebih menguntungkan beriklan secara online, lebih tertarget, jangkauan luas dan lebih murah serta praktis, sebagai contoh anda bisa beriklan dengan FB Ads

4 Metode diatas sangat sering dilakukan para pebisnis online pemula guna memperkenalkan brand dari produk ataupun toko yang mereku kelola. Cara yang cukup mudah dan minim biaya jika dibandingkan dengan cara promosi iklan secara konvensional melalui koran-koran.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *