5 Tips belanja hemat di 2017

Posted by

Bulan pertama di tahun baru 2017 sudah kita lewati, semoga di awal tahun ini kita masih bisa mendapatkan berbagai manfaat dan mampu meninggalkan kebiasaan lama yang kurang bermanfaat, termasuk kebiasan Boros dalam mengelola penghasilan/ gaji.

Kebiasaan boros sebenarnya bisa dirubah dengan kesadaran menabung dan mengelola keuangan pribadi, simpel memang. Tapi memang sering kali terasa berat untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk di tabungkan. Semua itu bergantung pada individu masing-masing

Tapi, gak sedikit juga lho yang mesti banting tulang peras keringat hanya untuk memupuk tabungan nya agar semakin bertambah di awal tahun 2017 ini. Kebiasaan buruk bagi kalian yang susah menabung inilah yang mesti di tinggalkan.

Hal utama yang berhubungan dengan tabungan ialah gaya belanja, perhatikan cara pemerintah dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Rumusnya adalah pendapatan digenjot dan belanja ditekan seminimal mungkin. Itu adalah cara utama untuk mempertebal tabungan kita

Berikut ini ada beberapa tips simpel gaya belaja yang mungkin perlu kalian praktekkan di 2017, biar celengan kalian gak hanya berisi angin surga :

1.  Langsung tabung !

Sebelum mengalokasikan gaji untuk kebutuhan sehari-hari, hal yang sangat penting disaat ada penghasilan ialah LANGSUNG TABUNG !

Cobalah langsung sisihkan minimal 30 % (Persen) dari penghasilan tadi tanpa menunda dan beralasan lain-lain, gunanya ialah disaat membutuhkan dana darurat di masa yang akan datang kalian sudah siap. Misalnya dalam satu minggu kalian bisa mengdapatkan penghasilan Rp. 1 Juta, berarti kalian wajib menyisihkan Rp 300 Ribu (30 %) untuk di tabung. Sisanya baru bisa kalian gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Gunakan rekening terpisah khusus untuk tabungan tanpa kartu ATM, agar kalian tidak tak ada godaan tarik tunaii di tengah jalan.

2.  Rajin mencatat

Buatlah catatan untuk dana masuk dan dana keluar dalam setiap waktu jika dibutuhkan. Buatlah anggaran untuk pengeluaran maksimal tanpa melebihi penghasilan yang ada.

Hayo jangan males nyatet pengeluaran ya (buku catatan pengeluaran/Fresh and Organized)

Mencatat dana masuk mungkin lebih gampang dibuat, bagaima dengan catatan pengeluaran ? banyak yang bilang susah, terutama bagi kalian yang suka belanja sesuka hati. Semua bergantung pada kalian sendiri.

Dengan adanya catatan ini kalian bisa tau mana pengeluaran yang benar-benar dibutuhkan dan pengeluaran yang seharusnya bisa di tunda, tentunya catatan ini sangat berguna sekali sebagai pertimbangan disaat ada pengeluaran di kemudian hari.

3.  Utamakan yang utama

Kewajiban selanjutknya ialah memprioritaskan kebutuhan dibanding keinginan, misalnya kebutuhan dapur berada di urutan pertama dari daftar pengeluaran.

Ada sebagian orang saat baru mendapatkan penghasilan malam harinya langsung nongkrong di Cafe dan menikmati gaji di malam pertama, tentunya hal ini sangatlah boros dan tidak baik bagi kesehatan dan keuangan pastinya. Semoga kalian bukan dari orang-orang seperti itu,, amiiin.

Jadi intinya penuhi dulu kebutuhan utama, setelahnya barulah kalian bisa pikirkkan keinginan, itupun jika penghasilan kalian masih tersisa banyak, tapi kalau penghasilan mepet alangkah baiknya keinginan itu di tunda sementara. Selalu bersyukur broo …

4.  Bandingkan Harga

Jangan malas untuk membandingkan harga barang dari sejumlah toko, agar kalian bisa mendapatkan harga termurah, serta bisa membantu kalian untuk menambah saldo tabungan. Kalau perlu bandingkan dari toko A sampai Z. Apalagi sekarang berbelanja lebih mudah dengan adanya toko online, pastinya kalian bisa lebih mudah untuk mendapatkan harga terbaik.

5.  Cari promo

Saat kalian sedang berselancar di dumay pastinya banyak iklan promo sebuah produk yang muncul dimana-mana, entah itu dalah email, medsos, ataupun situs-situs yang ada. Kalau memang promo tadi merupakan barang yang kalian butuhkan gak ada salahnya kalain cek dulu, siapa tau promo tadi bersyarat atau bahkan merupakan trik penjual demi menarik pembeli.  Jangan lupa untuk tetap membandingkan harga di setiap toko. Tapi, sekalipun sedang promo bukan berarti anggaran pengeluaran anda jebol, harus tetap di kontrol ya, ingat ! Utamakan yang utama.

Resolusi 2017 mesti memuat perubahan gaya belanja jika kita merasa susah nabung pada tahun sebelumnya. Setiap orang punya gaya belanja sendiri-sendiri. Yang tahu kapan harus berubah hanya kamu seorang, bukan yang lain. Siap mempertebal tabungan di 2017 ?

Salam, Gelaskosong.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *