7 Penyebab Orderan Ojek Online Sepi

Orderan merupakan sumber penghasilan kalian, betul ? Yaiyalah emang itu yang kita bahas, tapi yang namanya rejeki tiap orang tentu berbeda. Dalam ojek online (ojol) ada driver yang orderannya lancar alias nyambung terus ada juga driver yang orderannya macet bahkan mampet, ada driver dalam sehari bisa terima 3 – 20 orderan sehingga dia bisa mencapai target untuk mendapatkan bonus lebih, ada juga yang cuma terima 3 bahkan ada yang cuma terima 1 orderan perharinya, alhasil target dan penghasilan jelas tidak memuaskan.

Kerja kerasmu hari ini tidak akan pernah mengingkari hasil akhir dari usahamu dikemudian hari …

Lancar tidaknya orderan ojol jelas tergantung rejeki masing-masing, bagi driver yang orderannya lancar dengan cara yang JUJUR dan MURNI patut kita apresiasi. Untuk driver yang orderannya kembang kempis, tetap semangat ngaspal rejeki kita sudah ada bagiannya masing-masing. Perlu diketahui sepinya orderan bisa disebabkan dari beberapa faktor, beberapa diantaranya disebabkan oleh diri kita sendiri dan perangkat yang kita gunakan, karena itu penting untuk kita ketahui bersama agar orderan tidak lagi “Mengheningkan HP” … hehehee

1.   Lupa Online

Hal yang paling mendasar penyebab tidak masuknya orderan karena sang driver lupa untuk mengaktifkan Tombol Penerima Pekerjaan (Online), terdengar konyol emang tapi ada aja driver yang lupa. Hal ini sering terjadi pada driver junior, tak jarang driver seniorpun melakukannya. Mungkin saking semangatnya pengen ngebid lupa untuk di aktifkan, dan akhirnya setelah menunggu sekian lama orderan yang ditunggu tak kunjung masuk saat itulah driver baru sadar kalau aplikasinya belum di aktifkan.

2.   Mode Senyap / Getar

Lupa mengganti notifikasi senyap/ getar ke suara merupakan penyebab seringnya orderan terlewati. Saat ada orderan masuk driver tidak mengetahuinya dan orderan tadipun terlewati sehingga menyebabkan aplikasi terkunci sementara dan menyebabkan orderan selanjutnya tidak pernah masuk sebelum kunci di buka.
3.   Mengabaikan Orderan
Setiap orderan masuk merupakan rejeki buat kita, beberapa driver ojol seringkali mengabaikan orderan yang masuk karena beberapa hal, diantaranya karena orderan yang masuk terlalu dekat sehingga tarifnya sangat murah (Dapet capek doang katanya)  atau terlalu jauh jadi si driver belum siap terutama driver junior (takut nyasar kali), si customer order jarak dekat menggunakan pembayaran non tunai (jelas ada diskon) parahnya lagi (katanya) customer menggunakan pembayaran non tunai di iringi dengan kode promo (lumrahnya disebut upin ipin) jadi double diskon. Dengan mengabaikan orderan yang masuk secara otomatis peringkat penerimaan kita menurun dan menyebabkan orderan selanjutnya lama untuk masuk. 3 Orderan pertama merupakan kunci utama untuk memperlancar orderan selanjutnya.

4.   Membatalkan Orderan

Saat ada orderan masuk kemudian secara sepihak orderan tadi dibatalkan (Cancel) otomatis rating aplikasi akan Anjlok ! dan untuk menstabilkan Rating tadi lumayan berat, dibutuhkan beberapa kali orderan sukses. Ruginya dimana cancel orderan ? jelas berpengaruh pada orderan selanjutnya dan rating merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan bonus tambahan. Semakin bagus & stabil rating bisa jadi orderan pun semakin lancar
5.   Salah Posisi
Setiap aplikasi driver ojol pastinya dilengkapi fitur navigasi yang menampilkan spot berpotensi masuknya orderan. Manfaatkan fitur tersebut untuk bisa mendapatkan lebih banyak order, besar kecilnya permintaan sudah digambarkan dalam fitur tersebut. Lokasi bertanda khusus (Hijau / Kuning / Merah) pastinya lebih memiliki potensi order yang lebih besar dibanding lokasi tanpa tanda tersebut.

6.   Perangkat Pendukung

Dalam hal ini merupakan smartphone (HP) yang digunakan, driver yang menggunakan HP dengan jaringan 3G dan driver yang menggunakan hp 4G jelas berbeda. Jaringan merupakan penentu kecepatan masuknya orderan, tentunya hal itu tak lepas dari dukungan jaringan operator yang digunakan. Driver dengan HP 4G bisa dibilang akan lebih cepat menangkap orderan dibandingkan HP 3G. Bagi driver yang menggunakan HP 3G  solusinya ialah menggunakan perangkat modem tambahan kalau belum bisa beralih dari HP 3G ke HP 4G.  Man cepat dapat …

7.    Data Internet

Hal ini masih berhubungan dengan sebelumnya (Perangkat Pendukung), pastikan kuota internet mencukupi sebelum ngebid, banyak kejadian orderan lambat masuk karena kuota internet menipis dan kekuatan sinyal di area sekitar. Gunakanlah kartu penyedia internet yang memang stabil, misalnya anda ngebid di Bekasi, internet yang stabil menggunakan kartu A, dan rekan-rekan driver lain juga menggunakan kartu A maka gunakanlah. Biar sinyal kalian gak kalah saing dengan yang lain.

Kurang lebih seperti itulah penyebab mendasar kenapa orderan tidak lancar, macet / mampet / orderan gagu .. selebihnya kembali pada rejeki masing-masing. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk saling berbagi informasi dan bisa menjadikan bahan perubahan agar kedepan orderan bisa luaancaaaar ..
Jika teman-teman memiliki pengalaman lain yang menjadi penyebab sepinya orderan saat ngebid bisa share di kolom komentar, nanti akan di update kedalam artikel.
Mari Ngalooong Cuuuuy …