Ini yang perlu kalian siapkan untuk daftar GrabBike

Gelaskosong – Semakin hari disetiap jalur perkotaan yang namanya ojek online semakin banyak saja, ada yang lagi bawa penumpang, yang lagi nunggu orderan, lagi nongkrong, lagi ngopi, bahkan lagi antri di beberapa restoran untuk terima pesanan pelanggan. Perusahaan penyedia transportasi mode online pun semakin berkembang biak (abaikan), dipelopori oleh GO-JEK, disusul GRAB, dibuntuti UBER (apanya yang di uber om), digiring oleh Blue-Jek, dioper lagi Tekno Jek dan akhirnya di tendang oleh OPang (Ojek Pangkalan) dan pemerintah. Indonesiaku .. ūüôā Transportasi masyarakat harga merakyat di udak udak begini begitu .. ckckckck

Berkembangnya mode transportasi online merupakan sebuah pertanda adanya ladang baru yang siap digarap demi menghasilkan uang (HALAL), walaupun ada segelintir oknum (OPang) tertentu yang merasa terusik dengan Ojek Online ini, katanya sih merebut hak mereka, katanya sih merebut wilayah, dan katanya-katanya yang lainnya katanya (muter dah tuh) Masa sih ?

Sejak kapan NKRI dikuasai Ojek Pangkalan ? Rezeki piring setiap orang udah diatur pang, jadi jangan ganggu piring orang lain. Kalau takut gak kebagian rezeki berarti situ gak percaya sama ketentuan Tuhan. Cacing di tanah aja masih masuk dalam perhitungan kok, masa iya elluuuu manusia takut.

Oke deh,, segala perbedaan akan selalu ada tapi kali ini saya hanya akan membahas tentang cara bergabung menjadi mitra ojek online (khususnya GrabBike). Profesi Ojek Online bisa kalian jadikan pekerjaan sampingan bahkan pekerjaan utama, dan cara daftarnya pun cukup mudah.

Untuk syarat dan ketentuannya ialah sebagai berikut ;

1.  WNI Cukup umur
2.  Sehat jasmani dan Rohani
3.  Punya Sepeda Motor Resmi
4.  Jujur, Disiplin, dan Bertanggung Jawab
5.  Bisa Baca Tulis
6.  Siap mengikuti Proses seleksi & training
Prosesnya paling cepat seharian, pagi – sore (yang daftar buanyaaak) bukan sejam duajam
7.  Penampilan
8. Siap Kerja “Full Time”
9.  Siapkan Akun E-mail Google (Gmail)
10. Melengkapi Dokumen (Dokumen yang dibutuhkan saya jelaskan dibawah ini ya)

Dokumen

1.   KTP

Dokumen Wajib yang harus dibawa ialah KTP (Kartu Tanda Penduduk) ASLI yang masih aktif. Jika E-KTP belum jadi bisa membawa resi/KTP sementara. KTP daerah (luar JaBoDeTaBek) bisa gak ? bisa, dengan melampirkan Surat Keterangan Domisili dari RT dan RW tempat tinggal, kalau gak ada itu mending jangan masuk barisan, pasti disuruh pulang.

2.   SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) wajib ada dan aktif, bagi kalian yang SKCKnya sudah sudah tidak berlaku masih ada toleransi, maksimal 2 minggu dari tanggal kadaluarsa, lebih dari itu mending buat baru dari pada pas registrasi udah antri lama disuruh pulang.

3.   SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) juga mutlak ada dan aktif ya, pastikan foto tampak jelas dan biodata di SIM dapat di baca, kalau sekiranya udah buram (gak kebaca) atau kayak kehabisan tinta mending buat baru, pengalaman ada yang ditolak registrasinya dan gak perlu di tanya SIM jenis apa yang harus dibawa,yang pasti bukan SIM M !

4.   Kartu Keluarga (KK)

Kartu Keluarga (KK) ini sebenarnya opsional saja, tapi juga dibutuhkan nanti saat diminta registrasi online. Pastikan lagi kalian gak salah bawa KK ya, yang tercantum nama kalian.

 

5.   STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) wajib dalam keadaan aktif, baik STNKnya ataupun Pajaknya. Untuk Pajak STNK yang telat masih ada toleransi dan bisa di registrasi maksimal keterlambatan pajak 1 tahun kebawah, lebih dari 1 tahun harap keluar barisan.

6.   Tabungan CIMB Niaga

Bagi kalian yang sudah punya bisa bisa dipersiapkan saja, bagi kalian yang belum punya Tabungan Bank CIMB Niaga ini bisa kalian buat di lokasi secara gratis dan Kartu ATMnya langsung jadi di tempat (tanpa buku tabungan), untuk registrasi siapkan 1 Materai Rp. 6.000, Foto Copy KTP + Domisili, Foto Copy SIM.

7.   Surat Keteranga Dokter

Hal ini hanya di peruntukan bagi calon Biker’s berusia 50 tahun keatas, wajib melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

Pastikan semua dokumen diatas telah kalian fotocopy minimal 2 lembar, kalau kalian berfikiran “ahh .. foto copy dilokasi aja pasti juga ada”. Memang ada, tapi apa kalian mau ngantri kayak ular tangga lagi cuma mau foto copy 2 lembar ?

Hal Lain yang Perlu dipersiapkan :

A. Registrasi
Ada sesi registrasi dimana kalian wajib mempersiapkan hal berikut ini :

1.    Materai Rp. 6.000

Materai akan digunakan saat Aktivasi Akun Grab Driver dan pembuatan Tabungan Bank CIMB Niaga, minimal siapkan 2 lembar materai Rp. 6.000, gak perlu banyak-banyak bawa materainya kecuali kalian emang niat mau jualan materai disana.

Baca Juga : Begini proses pendaftaran Grabbike

2.   Smartphone

Hal yang tak kalah penting kalian bawa ialah Smartphone + Kuota internet yang cukup + powerbank/ baterai cadangan. Proses daftarnya bukan sejam dua jam bro, seharian. Nanti kalian juga akan diminta registrasi online lagi untuk memastikan dokumen yang kalian upload sudah masuk dan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada kemudian kalian download aplikasi “Grab Driver”

3.   Alat Tulis

Wajib bawa Bolpoin/ pena/ pensil, jangan sampai kalian kebingungan cari pinjaman sana sini saat mengisi biodata (Baca Alur Registrasi Grabbike), bawa lebih dari satu juga bagus, bisa bantu mereka yang kebingungan.


4.   Top Up

Saat registrasi awal kalian akan diminta uang registrasi/ Top Up sebesar Rp. 100.000 yang nantinya akan masuk dalam e-wallet di aplikasi Grab Driver kalian.

B.  Safety Riding

Hal ini yang perlu jadi perhatian, pastikan kelengkapan motor seperti spion, lampu, rem dll, beserta kelengkapan lainnya seperti :

1.  Motor Kondisi Prima
(Minimal tahun pembuatan 2008, dibawah itu jangan bawa)
2.  Jaket (bukan baju rajut)
3.  Sarung Tangan (bebas)
4.  Pakai Sepatu (bukan sandal jepit, sandal gunung, atapun slop)

Kalau ada diantara syarat diatas tidak kalian gunakan maka akan ada pengurangan poin saat test.

Kira-kira itulah hal-hal yang perlu kalian persiapkan untuk ikut serta dalam barisan Grabbike. Alur Pendaftarannya silagkan KLIK DISNI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Ping-balik: Cara daftar grabbike online | Gelaskosong.com

  2. Ping-balik: Begini proses pendaftaran GrabBike | Gelaskosong.com

  3. Admin maaf.
    1 minggu yg lalu saya telpon receptionis grab pusat. Katanya tidak bisa pakai KTP resi/sementara. Padahal KTP resi saya sudah electronik (e-KTP).
    Mohon pencerahannya??
    Makasih

    • Pengalaman dari beberapa teman GB saat pendaftaran KTP Resi/ Sementara bisa digunakan saat registrasi (cibubur Taman wiladatika), rata-rata teman mendaftar secara Online terlebih dahulu, setelah itu akan ada SMS dari GRAB ID untuk menghadiri Test Offline dengan membawa smua persyaratan, termasuk KTP Resi.
      Semoga membantu ..

      • Ass.selamat malam kepada perusahaan grabike yang terhormat.saya mau nanya boleh kah ngelamar ojek online di grabike ini pake sim sementara.sim asli jadi nya 3 bulan s/d 6 bulan baru jadi.blangko nya daerah cilacap udah habis sementara pake sim sementara.mohon di bales pertanyaan saya.hormat kami rahmat. wa.087736723347 terimakasih

        • SIM Resi ttap bisa digunakan, karena fungsi dan kegunaannya sama saja. untuk pendaftaran grabbike menggunakan SIM Resi disarankan dengan pendaftaran reguler atau datang langsung ke tempat. Pendaftaran grabbike melalui online dari pengalaman yang ada akan butuh waktu yang cukup lama untuk verifikasi dokumen.Semoga membantu ..

          • Assalamualaikum ibu ibu bapak bapak siapa yang punya anak bilang aku…
            Hehe becanda… Jadi gini saya mau sedikit bertanya perbedaan daftar Grab online dengan yang langsung itu beda nya gimana yahh

  4. Maaf min cuma mw nnya apakah ktp resi masih berlaku saat melalkuan daftar onlen..
    Soalnya punya saya pas ngirimin ktp resi di anggap sudah tak berlaku (daftar onlen pun jadi gak di terima) mohon penjelasn nya terimakasih…

  5. Kpd Yth Suport Grab Bike, Bersama dgn ini saya mengajukan diri tuk nergabung dgn Grab Bike secara online, mohon kiranya untuk segera memproses data online saya agar saya dapat segera bekerja, trimakasih.

      • Untuk penggunaan SIM Resi sejauh ini masih jarang dipertanyakan, yang ada hanya penggunaan KTP Resi. Penggunaan KTP Resi masih bisa melakukan pendaftaran.
        Saran saya Bisa dicoba langsung menghubungi CS GRAB Pusat, atau datang langsung ke tempat pendaftaran secara Reguler di Taman Wiladatika Cibubur senin-jum’at.
        Untuk pendaftaran secara khusus/ melalui Agen proses verifikasi dokumen akan memakan waktu yang cukup lama dikarenakan persyaratan tidak sesuai standar.
        Semoga membantu …

  6. Gan mau nanya dong, motor ane karisma x 125 ane daftarin di grab motor ane tahun pembuatanya 2004, trus ane daftarin online. Dapet panggilan suruh dtg ke Cibubur. Kira2 lolos gak ya motor ane gan? Soalnya ane denger2 minimalnyantahun 2008. Mohon pencerahannya gan. Ane tinggal di Tangerang dan besok dapet panggilannya nih gan

  7. Numpang nanya min, saya udh daftar online, tp saya gk masukin surat kesehatan sma buku tabungan, soalny blm pny tbungn cimb niaga, it bisa gk min

  8. Min.. Mohon pencerahan nya.. Klo motor bukan nama pribadi bisa ga ya.. Surat lengkap.. Belum sempet balik nama aja.. Terima kasih

    • KTP daerah bisa digunakan dilengkapi surat domisili dri RT RW setempat,motorpun tidak jadi masalah, yg penting surat2 lengkap dan pajak aktif. pajak telat hitungan bulan masih ada toleransi

  9. konsultasi BOS……., sya punya temen kebetulan pinjem motor honda saya th 2011 buat daftar grab,
    setelah lulus sehari2nya yg buat narik motornya jenis yamaha motor King, otomatis kan beda dgn plat nomorya di profil. mohon solusinya…..

    • sebenarnya klo dri pihak grab hal sperti itu bisa kena kode etik bro ..
      tapi selagi temen itu gk buat kasus yg merugikan customer ataupun gk ada pengaduan ya jalan aja. Hanya saja kalau suatu saat ada musibah di jalan temen lu tdi bisa aja gk dapat jaminan dri grab.

  10. mas mau nanya setelah lolos tahap registrasi online, saya diundang unduk mengikuti training.
    apakah pas training juga harus bawa motor yg di daftarkan?

  11. Kalau kita mendaftar menjade anggota grab,bisah enggak pakai resi sim C….? Soalnya blangko untuk ngurus sim kosong

  12. Mas kalo seumpama saya udh registrasi online tapi saya salah mencantumkan email yg harusnya gmail tp saya nulisnya malah email yahoo, lalu setelah beberapa hari saya dikirimi email bahwa harus merubah email yahoo nya menjadi gmail tetapi setelah saya melanjutkan melengkapi registrasi online tsb saya cari2 tidak ada kolom untuk menggati emali yg sudah terlanjur ter connect ke email yahoo. Lalu bagaimana cara merubah email jika sudah terlanjur sprti itu? Mohon info nya

  13. Kpd Yth Suport Grab Bike, Bersama dgn ini saya mengajukan diri tuk nergabung dgn Grab Bike secara online, mohon kiranya untuk segera memproses data online saya agar saya dapat segera bekerja, trimakasih.

  14. Min.sya mau tanya.kl daftar greb pakai sim beda alamat bisa apa nga yh.soaly sy br aja pindah alamat.blm sempet mutasi sim .terima kasih.

    • min mau tanya, ktp sya kan ilang trus ada fotocopy nya, bsa nggak ? ada jga surat kehilangan dari kepolisian, sya jga udah ke dinas kependudukan, malah d kasih resi nya, bsa nggak ya?
      mohon pencerahannya

  15. Mau tanya..sim c n stnk saya mati trus kreta thn 2007 bs gk gabung grab tp sim n stnk’a mnyusul di perpanjang sambil join grab ?

  16. Min. Kalo udah dpt sms undangan terus kita ngga bisa hadir pd tgl yg di tentukan karena syarat belum lengkap apa kita harus registrasi online Lagi atau gimana min? Mohon pencerahannya

  17. Ass.selamat malam kepada perusahaan grabike yang terhormat.saya mau nanya boleh kah ngelamar ojek online di grabike ini pake sim sementara.sim asli jadi nya 3 bulan s/d 6 bulan baru jadi.blangko nya daerah cilacap udah habis sementara pake sim sementara.mohon di bales pertanyaan saya.hormat kami rahmat. wa.087736723347 terimakasih

  18. Min..kalo udah ada panggilan tapi waktu itu engga dateng karena ada syarat yg belum lengkap apakah masih bisa proses?atau daftar ulang lagi ya?udah 2 mingguan..mohon informasinya ya min..makasih

  19. Kalau belum ada SMS dari pihak grab bisa gak langsung datang ke Cibubur? Udah daftar tapi gak pernah ada panggilan.. lebih dari 5 hari..tq

  20. Selamat siang admin, mau tanya, saya sudah mendapatkan sms undangan untuk datang ke wiladatika esok hari, apakah bisa datang dengan syarat SKCK yg belum jadi pas perpanjang ? Untuk syarat lain aman. Trims

  21. Min klo bawa foto copy KK bisa ga min.. Bukan aslinya.. Soalnya yg asli lagi di perbarui di kecamatan. Truss waktu pendaftaran online jga pake yg asli.. Gimana min?

  22. Maaf min mau tanya..klo kantor grab daerah Bandung utk hari sabtu & minggu buka ga ya??dari jam brp – jam brp?trimakasih..

  23. Maaf min saya mau tanya kalo kita sudah dapat sms undangan ke Cibubur
    Apakah proses pembuatan akun nya lama sampai berapa jam kira kira
    Karna bentrok sama jam kerja saya takut tidak keburu kalo lama

  24. Misi gan. Kmrn jumat ane sempet daftar grabbike di cibubur tp ga lolos uji kelayakan kendaraan (ban belakang dah plontos, lampu rem sblh kiri mati) trs ane inisiatif lngsng plg utk melengkapi kekurangan fisik kendaraan. Yg mau ane tanya, apa msh bs ane balik lg utk ikut uji SR lngsng atau justru daftar ulang lg? Trs biasanya pos 2 buka jam brp? Mohon pencerahannya dan thanks sblmnya gan.

    • Gagal di Safety Riding (SR) bisa langsung mengulang lagi tanpa harus daftar dari awal, dg membawa Check Point yang diberikan sebelumnya. Biasanya POS 2 (SR) bukanya berbarengan dg pos pendaftaran, krena juga banyak rekan lain yang mengulang di pos 2. Semoga membantu ..

  25. Ktp saya sudah e-ktp tapi sudah habis masa berlakunya..menurut informasi yang saya tau..e-ktp masih berlaku selama tidak ada perubahan data.walaupun masa berlaku ktp itu sudah habis..bisa kah untuk mendaftr grab

    • harus mas bro, nanti ada cek kelayakan motor yang digunakan dan tes safety riding. jadi pastikan motor yang dibawa sesuai dengan motor yang didaftarkan, kalau beda motor bisa di diskualifikasi

    • kalau daftarnya via online / Agent Kudo ada jadwalnya masing-masing untuk traning sesuai undangan yg diterima. kalau datang diluar jadwal nanti jadinya daftar reguler. semoga membantu ..

    • masih dibuka, pendaftaran online bisa melalui website resmi grab atau melalui agen kudo yang ada disekitar.
      untuk daftar langsung bisa datang pada hari senin-jum’at ditaman wiladatika cibubur, pendafataran dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang.

  26. Selamat malam admin,saya mau nanya nih,,kalo mau daftar greb terus pake kk nya poto kopian dan ngga ada akte bisa keterima,,soalnya kk yang asli nya lagi d peroses ulang dan akte nya sya ngga punya,, tolong d jwb ea min,,

  27. Ass.mas maaf saya mau bertanya , gini mas klo pas wkt cek pisik gk lolos. Krna motor ada yang gak sesuai standarnya…
    Pertanyaan saya klo nanti saya datang lagi dengan motor yang berbeda apakah bisa mas? Mohon informasinya mas

    • kalau datang kedua kalinya dengan motor yang berbeda bisa di gak diterima mas bro, kecuali mau daftar ulang lagi dari awal. Motor yang digunakan harus sesuai dengan motor yang didaftarkan pertama kali. semoga membantu ..

  28. maaf min mu nanya saya ada motor tahun 2008 apa masih bisa y buat daftar??
    trs ngasih jaminan ga y buat daftar macam ijasah apa bpkb apa yg lain??
    terimakasih dh d jawab…

  29. Maaf min.. mau tanya.. klo untuk buka rekening bimc niaga pakai resi ktp bisa gak yaa??? Saya liat di syarat nya harus poto copy ktp..

    • Pengalaman sendiri mas bro, saat daftar kemaren pajak motor mati 8 bulan dan masih di kasih toleransi, maksimal 1 tahun.
      tapi, stelah berhasil daftar lebih baik langsung diperpanjang.. semoga membantu

    • SKCK Wajib mas bro, perpanjang SKCK bisa diwakilkan oleh keluarga (Pengalaman sendiri), kirim SKCK yang non aktif ke kampung dilengkapi foto 4×6 2 lembar dan contoh tanda tangan, kalau sudah punya kartu sidik jari lebih baik lagi. Minta bantu keluarga untuk urus di polsek / polres setempat.

      Semoga membantu ..

    • Daftar online melalui Web GRAB untuk jadwal panggilan tidak bisa diprediksi, ada yang 3 hari kerja dapat undangan ada juga yang berminggu-minggu belum dapat undangan. Saran saya untuk daftar online bisa melalui agent Kudo yang ada disekitar / secara pribadi mendaftar sebagai agen kudo. Semoga membantu ..

  30. maaf mau tanya sarat daptar grap apa perlu bawa yg asli soal ea kk kartu kluarga sy buat jaminan di bank apa boleh bawa yg kopy an ea aja mohon solusi ea terima kasih

    • Sebenarnya Kartu Keluarga (KK) hanya opsional saja mas bro, jarang dilampirkan.
      Dokumen wajib yang perlu dibawa diantaranya : KTP, SKCK , SIM & STNK (Semua dalam kondisi aktif). siapkan juga fotocopy dari setiap dokumen tadi dan materai minimal 2 Lembar. Semoga membantu

  31. Sy mau nanya,akun sy dah aktif hmpir sebln tpi tiba” sy dpt sms akun anda ditutup smtra.dikrnkn blm melengkpi berkas berupa SKCK.memang waktu pendaftaran sy blm mmbw skck(dlm pengurusan) tpi stelah skck ada sy lngsng bw k ktr grab.ko sekarang tiba”akun sy di tutup.sy minta jawabannya ya,,,tengkyu admin.

  32. Mimin ganteng mau nanya nih, misalkan saya udah daftar garb di Cirebon, terus saya pengen ngegrabbike di wilayah Jabodetabek apa kah bisa, mohon penjelasannya min.
    Terimakasih

  33. Assalamualaikum min numpang nanya ane mw daftar baru kira2 klw pakai KK cuma foto kopian bisa GK yh, klw surat2 yg lainnya lengkap, terima kasih mohon pencerahannya

    • Wa’alaikumsalam wr wb …
      Untuk dokumen pendaftaran semua harus dilampirkan aslinya, tpi terkadang KK tidak perlu dilampirkan krna sifatnya hanya opsional saja. Semoga membantu ..

  34. Min saya mau nanya,, td saya saya daftar grabbike ke cibubur dan udah foto dan bayar 100rb,, tapi pas cek fisik motor saya gagal karna mika lampu saya pecah,, ya saya pulang dulu karna mau ganti mika. Besok saya mau kesana lagi, apakah harus daftar ulang lg apa saya langsung tes fisik motor sama testdrive, minta pencerahanya min??? Makasih

  35. Apakah mulai sekarang pendaftaran grabbike bisa tanpa test drive dan cek kelayakan sepeda motor? Soalnya saya kemarin setelah menyelesaikan training online langsung mendapat panggilan untuk mengambil atribut dan sudah selesai juga, sekarang akun sudah aktif tinggal mengisi top up dan membuat rekening cimb niaga. Yang saya mau tanyakan apakah untuk test drive dan kelayakan itu setelah pengambilan atribut atau memang sekarang sudah tidak ada test drive? terimakasih

  36. admin, ingin menanyakan apakah proses test drive dan cek kelayakan itu setelah pengambilan atribut atau sebelum pengambilan atribut? terimakasih

  37. Min mau tanya?

    Kan saya punya satu motor , motor itu sudah di pakai sama akun Grab kaka saya.

    Kalo saya mau make motor yg sama buat daftar bisa gak min?

  38. Mas bro, saya punya ktp daerah dan sekarang tinggal ngekost di Ciputat tangsel, mau bikin surat keterangan domisili dari rt rw katanya sudah tidak mengeluarkan dari pihak sananya, terus bagaimana mas bro buat saya daftar grabnya klo tanpa surat keterangan domisili?

  39. Admin mau nanya donk.jika tidak buka tabungan cimb niaga dan hanya top up dari pegadaian apakah bisa cari orderan grabbike?

    • Skedar top up bisa aja mas bro, nnti pencairan saldo gmna klo fk ada tabungan ? Pmbukaan tabungan CIMB sudah disediakan di lokasi dan gratis.
      Pengalaman pribadi, dri awal ngegrab smpai skrang cuma isi deposit 1 kali wktu pendaftaran, kesininya saldo nmbah dari bonus yg didapat. Semoga membantu ..

  40. Assallamuallaikum
    Permisi saya mau tanya.
    Ktp saya bukan ktp jkt(luar daerah) itu harus melampirkan surat domisili yang di daerah kita. Apa tempat tinggal yang sekarang di jkt
    Mohon di jawab yah. Terimakasih
    Wasallam

  41. Asalamulikum gan mau tanya klo bawa kk foto copy n sdah abis masa aktifnya bsa ga coz kk asli d kampung ? Mhon pencerahnnya

  42. Gan M.Irfan…
    Klo pendaftaran grabike di cibubur itu apa harus menyerahkan salah satu dokumen asli ga ya sebagai jaminan..???

  43. Mau tanya-tanya ni min, bapak saya udh daftar trus udah dapet perlengkapan helm sma jaket, tapi ko mau buka aplikasi grabdriver pas di klik masuk dengan perangkat ini mas katanya perangkat belum terdaftar…
    Apa iya harus tunggu SMS Dr pihak grab ya sxan bikin ATM CIMB?? soalnya sampe sekarang jd belum bisa ngojek

  44. Ass.selamat siang kepada perusahaan grabike yang terhormat.saya mau daftat grab tapi motor saya masih plat kampung tapi surat lengkap , apakah bisa daftar grab ? Terima kasih tolong balasan nya admin

  45. Saya sudah dapat undangan sms dri grabb id,kira2 skck bsa nyusul ga ya cos mepet harini daftar online bsok sudah di panggil

    • Blanko skck di polseknya habis diminta ke polda metro jaya ,,di polda jg kuoto dibatasi 100per hari hdwehhh indonesiaku makin sulit j,apa2 serba hbis blanko ktp ,blanko sim skrg skck