3 Ciri Bahwa Anda Tidak Bijak Dalam Mengelola Uang

Pernah gak kalian mengalami saat akhir bulan atau tanggal tua gaji hanya tersisa sedikit atau bahkan ludes tak tersisa ? Di buat apa aja gajinya ?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi gaji dan tabungan ludes. Hal itu terjadi karena pengeluaran bulanan yang mungkin tak terkontrol.

 

Pengeluaran setiap orang memang tidak sama, pengeluaran laki-laki beda dengan perempuan. Pengeluaran bujangan jelas beda dengan yang sudah nikah.

Tapi setidaknya kita telusurin dulu tiga hal apa yang berpotensi membuat duit di rekening ludes. Kadang hal ini gak kita sadarin lho.

1.  Pengeluaran tak terduga

Yang namanya pengeluaran memang tidak bisa kita stop, baik Laki-laki, perempuan, bujangan atau sudah menikah, pasti gak bisa lepas sama pengeluaran tak terduga. Makanya ada istilah “dana darurat.” Hanya karena hal ini, anggaran belanja yang sudah di rencanakan bisa jadi timpang.

Pengeluaran tak terduga seperti, perawatan kendaraan, renovasi rumah, biaya kesehatan anggota keluarga yang sakit, atau mungkin karena denda tilang polisi .. hehehe

Pada posisi inilah dana darurat langsung terkuras mendadak, bisa-bisa kalian puasa jajan sampai gajian bulan depan.

2.  Keinginan ini dan itu

Menabung merupakan hal tersulit bagi orang-orang yang memiliki berjuta-juta keinginan, bukan karena gaji tak cukup, melainkan keinginan yang tak terkontrol hanya untuk memuaskan hasrat belanja.

Mentang-mentang tanggal muda langsung deh nongkrong di cafe dan belanja ini dan itu, atau yang sering terjadii nonton bioskop. Alhasil, tabungan di rekening ludes hanya untuk membianya gaya hidup ala sosialita (Sok Sosialita tepatnya)

3.  Menggunakan ATM

Uang yang mengendap di rekening akan cepat ludes kalau kalian menggunakan kartu ATM, tergoda untuk menggesek di stiap melihat mesin ATM.

Beda ceritanya kalau uangnya kalian gunakan buat investasi, sebut saja investasi emas yang balik modalnya lama. Walaupun uang kalian berkurang, setidaknya saat dibutuhkan emas akan lebih cepat laku ketika dijual.

Jadi, kalau tabungan di rekening ludes terus itu tandaya kalian tidak bisa mengatur pengeluaran dengan bijak. Setiap orang pastinya memiliki tabungan untuk masa depan, kalian jelas gak mau kan kalau hidup kalian FLAT gitu aja tanpa ada perkembagan yang lebih baik.

Buat biaya nikah, sekolah anak, terlebih jika kalian ingin punya rumah sendiri ? mobil baru juga ? masa iya mau minjem sama tetangga ? gk asik kan.

Bijaklah dalam menggunakan uang sejak sekarang, agar masa depan jauh lebih baik.

Salam, Gelaskosong.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *