Begini proses pendaftaran GrabBike

Posted by

Gelaskosong – Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel Cara Daftar GrabBike Lengkap, jadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini pastikan kalian sudah tau syarat yang diperlukan untuk bisa bergabung menjadi mitra GrabBike di artikel sebelumnya, untuk membacanya klik aja DISINI !

Oke lanjut, sekarang saya akan bahas Proses Pendaftaran GrabBike dari awal sampai siap Ngaspal. Pendaftaran Mitra GrabBike selalu dibuka setiap hari Senin – Jum’at yang berlokasi di Taman Wiladatika Cibubur Jam : 08.00 – 12.00 WIB (terkadang ada toleransi sampai jam 1 siang). CaraDaftarnya gimana ? bisa On The Spot (Reguler) atau secara Online (Pastikan semua dokumen lengkap).

(Sms dari GRAB ID Registrasi Online)

Hari Pertama Registrasi Online :

Setelah Registrasi Online akan ada sms pemberitahuan kapan dan dimana tempat seleksi berlangsung, biasanya sms ini diterima 1-2 hari setelah registrasi online.

 

Hari H (Seleksi 15 Mei 2017)

Pastikan sebelum berangkat kalian sudah sarapan atau bawa bekal makanan ataupun uang tunai, karena prosesnya seharian.
Datang tepat waktu 07.30 sudah ditempat (Taman Wiladatika Cibubur)

POS 1 : Cek Kelengkapan Dokumen (08.00 Wib)

Di di POS 1 ini kalian diminta untuk mengeluarkan semua dokumen yang dibutuhkan secara lengkap dan sesuai ketentuan dari GRAB. Ruang tempat pendaftaran terbatas, jadi akan dibagi beberapa kelompok untuk bisa masuk dan menunggu giliran. Per kelompok berisi 4 x 10 Baris, kalau kamu di baris belakang, perlu waktu 1 jam untuk ada di depan meja pendaftaran.

TIPS : Kalau mau di barisan pertama (kelompok 1) tunggu “TEPAT” di pintu masuk gedungnya (kalau perlu tongkrongin  sambil siapin kopi), itu orang yang datang buanyaaak, kalau gak gitu kalian bisa ada di kelompok 2 dan berikutnya.

Setelah lulus administrasi dan membayar uang Top Up Rp. 100.000 kalian akan dapat semacam Cek Point seleksi Biker’s untuk bisa lanjut ke POS 2. Cek Point Jangan Sampai Hilang atau rusak ya, jaga baik-baik sampai selesai seleksi.

POS 2 : Safety Riding (11.00 Wib)

Disini kalian perlu pastikan kondisi motor dan kelengkapannya, siapkan CEK POINT dan SKCK untuk di serahkan ke petugasnya, Safety Riding ini kalian pasti sudah tau lah, semacam halang rintang seperti sewaktu Praktek pembuatan SIM C (Kalau SIMnya dapat nembak bisa jadi bingung disini), disini kalian perlu rekan untuk di bonceng, jadi kalau kalian  datang sendiri cari aja peserta lain yang lagi sendiri buat di ajak boncengan (syukur kalau dapet cewek yang dibonceng). Selama test kaki gak boleh turun ataupun ngambang, gak boleh jatuh dari papan titian dan menyentuh garis pembatas. Hanya ada 2 kesempatan untuk test. Jika keduanya kalinya gagal makan anda bisa mengulang dilain waktu. Lolos dari sini bisa lanjut ke tahap berikut dan jangan lupa ambil lagi CEK POINT dan SKCK tadi dan minta stempel ke paniti kalau kalian lolos.

Note : Uang Top Up / Registrasi Rp. 100.000 Hangus jika kalian gagal di Safety Riding & jangan gunakan motor orang lain untuk tes, kalian bisa di anggap GAGAL di tes 1, jadi gunakan motor sendiri yang  di daftarkan.

POS 3 : Aktivasi Akun Grab Driver (12.00 Wib)

Kalau udah lolos dari Safety Riding bisa ambil nafas sambil cari makan siang dulu broo,, biang gak roboh di jalan .. hehe
Dipos 3 ini kalian perlu mengisi formulir aktifasi dan membaca Kode Etik Pengemudi GrabBike, siapkan 1 Materai Rp. 6.000. Antri gak ? sudah pasti, tapi bentar kok, 1 baris sekitar 30 menit saja. Pas tiba di meja aktifasi siapkan semua dokumen seperti diawal POS 1. Pastikan kalian sudah Download Aplikasi Grab Drivernya ya, nanti kalian akan di minta menyebutkan NO HP dan IMEI smartphone yang kalian gunakan. Setelah kalian akan dapat kartu Training, kalau gak dapat (kehabisan kartu) minta keterangan tanda tangan dan tanya nama petugasnya.

Jangan Lupa di Stempel CEK POINTnya

Lanjut ke tahap TRAINING di POS 4

POS 4 : Training (13.00 Wib)

Sampai di POS 4 kalian tunjukkan CEK POINT dan Kartu Training yang diterima dari POS 3, kalau gak ada kartu training dan TTD kalian diminta balik lagi ke POS 3 (Lumayan jauh lokasinya). Disni kalian dengerin ceramah tentang cara mengemudi yang baik dan di ajarkan cara penggunaan aplikasi Grab Driver, setelah training ada tes/ ujian materi yang udah di jelaskan, ada 10 soal, minimal benar 8 soal baru lolos, kalau gak lolos diminta ulang lagi jawab soalnya. Contekan soalnya bisa kalian liat disini : bit.ly/tngrab
Ambil CEK POINT dan minta Stempel, terus buru-buru lari ke POS 5 biar ada di antrian terdepan, kalau gak kalian bisa jadi buntut ular. Cek juga TOP UP kalian udah masuk apa belum, kalau belum kalian bisa tanya ke Pos Trouble Unit di POS 5.

POS 5 : Ambil Atribut (15.00 Wib)

Horeeee, akhirnya tiba saatnya untuk ambil atribut kenegaraan … hehee
Tapi Antri lagii yaa,, disini ambil atribut atau serah jabatan (Ceeileeeh udah jadi Mitra GrabBike), 2 Jacket dan 2 Helm yang kalian. Jangan lupan kasih unjuk Tampilan Akun Grab Driver dan CEK POINT kalian disini, kalau hpnya lowbat bisa kasi liat SIM & KTP. Pos Tercepat dari POS lainnya, kecuali kalau kalian jadi buntut ular udah pasti lama, ok Lanjut POS 6

POS 6 : Buka Rekening CIMB Niaga (15.00 Wib

Setelah ambil atribut ada mas-mas dan mbak-mbak yang berdiri sambil nyodorin Form CIMB Niaga, kalau kalian udah punya bisa langsung pulang dah. Yang belum ambil form itu dan isi semua data sesuai arahan staff Bank CIMB Niaga yang ada disitu, siapkan 1 Materai Rp. 6.000 dan Fotocopy KTP + Domisili + SIM untuk diserahkan ke pegawai Bank CIMB Niaga di POS 6. Antrii lagiii yaaa … sekitar 30 menit lah sampai di meja CS banknya. Jaga baik-baik atribut kalian ya, kalau perlu kasih tanda nama untuk kardus HELMnya, jacketnya masuk dalam tas aja.

(15.30 Wib) Selesai dari sini silakan pulang, proses sudah selesai dan kalian udah jadi Mitra GrabBike yang siap NGASPAAAAAAAL ….

Gimana ? panjang juga kan prosesnya ?
Jadi bagi kalian yang mau jadi mitra GrabBike jangan pernah percaya sama orang yang menawarkan jasa pembuatan akun GrabBike Instan apalagi secara Online dan meminta bayaran jasa, itu semua Modus penipuan.

Kurang banyak lebihnya seperti itulah alur pendaftaran untuk menjadi pengemudi GrabBike.Kira-kira begitulah proses pendaftaran untuk bisa menjadi pengemudi GrabBike.

 

70 comments

  1. Mohon bantuan nya,, saya ingin melengkapi berkas yang kurang sa’at training skck dan kk
    Di lampung blm ada kantor gima cara ngelengkapin nya, takut akun di nonaktifkan

      1. 1.   Motor Baru yang ingin di daftarkan
        2.   STNK Motor Terbaru
        3.   Aplikasi GrabDriver Yang Kamu Gunakan Selama Ini
        4.   KTP atas nama kamu sendiri (sesuai Aplikasi)

        Semua persyaratan diatas wajib kamu bawa langsung ke kantor GRAB di :

        Jl. Bendungan Hilir (BenHil) No. 112 Rt 13 Rw 06
        Bend. Hilir Tanah Abang Kota Jakarta Pusat (10210)
        Telepon. 021 – 80648777
        Jamu Kantor : 08.00 – 16.00

        Jangan lupa persiapkan juga Fotocopy Semua Dokumen beserta Materai Rp. 6.000 secukupnya.

        1. ni ane udah daftar via online tp kok belum ada tanggapan ya truz kalau motor beda nama gimana ya soalnya motor atas nama paman ane kn dulu gak punya ktp sini baru ini pindah tempat

          1. Motor beda nama gk ada masalah, yang penting bukan motor kasus. Kalau daftar online memang kudu sabar karna yang daftar via online juga banyak. kalau mau langsung proses bisa daftar secara langsung ditempat (Taman Wiladatika Cibubur).

      1. itu valid kan gan ? soalnya ane nanya rata2 jawabannya harus aktif.
        Terus kan ane dapet panggilan nih, tp ane gabisa dateng pas waktu tersebut, apa bisa ane dateng di lain waktu ?

        1. sebaiknya memang harus aktif agar pada saat lagi bawa penumpang distop polisi biar tidak kena tilang.
          tapi untuk pendaftaran masih ada toleransi pajak motor mati maksimal 1 tahun. semoga membantu

  2. Maaf min.. sy sudah daftar grab online dan sudah training online juga, untuk langkah berikut nya gimana ya.. makasih

  3. pak mau tanya, klo kita daftar gunain motor orang lain yang akan kita pakai trus buat nanti nge grab apa bisa? trus klo kelebihan daftar online sama daftar langsung apa ya?

    1. Mendaftar grab menggunakan motor teman / nama di STNK bukan nama sendiri tetap bisa, asalkan pemilik motor yang dipinjam tidak mempermasalahkan hal tersebut & kondisi motor serta kelengkapannya tidak ada masalah dalam hal administrasi.
      pendaftar online itu dibatasi kuota perharinya, sedangkan pendaftar reguler bisa jadi tanpa batas kuota, pengalaman teman yang lain ada yg sampai 2 hari bolak balik ke tempat training pada saat daftar reguler. selebihnya sama saja mas bro ..

      1. Maaf pa sbelumya saya dpet balasan dari grab untuk sr ke taman wiladatika tetapi ktp saya daerah. Miaal di lengkapi dengan surat keterangan domisil dari rt/rw giMana? Bukan ktp domisili gimana pa mohon pencerahanya pa

      2. Bang klo saya sudah dapet sms dari mitra grabike, besok saya datang apakah masih ngantri atau langsung di tanganin sama panitia ???

        1. Tetap ada antriannya mas bro, karna yang daftar juga banyak, hanya saja bagi pendaftar secara online pesertanya tidak sebanyak reguler. jadi bisa lebih cepat prosesnya.
          Semoga membantu …

  4. Bang msalah motor nih.. Klo pelek sma ban saya rubah jadi jari2 apakah boleh jadi mitra?? Walau keliatan agak kecil itu sudah standar motor dan saya pernah ditilang pun boleh pake ban itu.. Klo di grab boleh ga ya bang??

  5. Salam, klu kita mau daftar apa kita bisa langsung ke cibubur ya gan? dan untuk bln ini kira2 ada penerimaan gak?, trims.

  6. Mas maaf saya sudah dapet undangan dari grab tgl 7 tapi ada halangan apakan masih berlaku untuk hari selanjutnya?
    Terimakasih

          1. gan… tanya dong :
            1. Motor Mei 2008 masih bisa didaftarkan..??
            2. Bisakah kredit HP di Grab dan proses adm kreditnya apakah langsung di CIbubur juga..?
            Thx gan…

  7. Gan kalo udah daftar pake Kudo ehh saya telat datang itu harus gimna ?
    Daftar ulang atau besok nya saya datang lagi aja kesana

    Mohon pencerahannya gan

  8. Bang ane mau tanya, itu kan pembuatan rekening nya Materai + KRP FOTOCOPY + DOMISILI. Itu domisili maksudnya apa ya gan?

  9. Ok saya dapet sma, mohon maaf KTP anda tidak jelas, mohon aploud resi KTP..itu tanda nya apa bos, apa harus pakai E KTP, tapi KTP saya KTP biasa bos buka E KTP, kira” masih bisa ngga bos kalau pakai KTP biasa bukan E KTP, TRIMAKASIH

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *