5 Cara Memulai Kerja Cerdas

Posted by

Apa kalian senang dengan pekerjaan yang kalian lakoni saat ini ?  mungkin sebagian akan menjawab IYA saya senang dengan pekerjaan saya. Tapi juga akan ada yang merasa jenuh dan lelah dengan apa yang telah ia kerjakan terus menerus, seperti apapun itu pekerjaannya tentu tidak akan mampu memunculkan rasa antusiasme setiap saat. Tugas yang menumpuk, tekanan pekerjaan atau yang lainnya bisa menciptakan rasa bosan.

Buatlah pekerjaan kalian jauh lebih ringan dengan di imbangi kerja cerdas. Kerja cerdas itu apa ?

 

Bekerja cerdas bukanlah tentang mengalokasikan waktu lebih panjang untuk melakukan suatu pekerjaan. Bekerja cerdas adalah upaya menyeimbangkan seluruh lini kehidupan agar nantinya membawa dampak positif pada produktivitas. (Belle Beth Cooper- thelist.bellebethcooper.com)

Belle Beth Cooper merupakan seorang pembuat konten di Buffer, seperti yang ia pernah katakan :

“Di Buffer, kami menekankan kepada seluruh anggota tim untuk bekerja dengan lebih cerdas. Seluruh anggota tim harus punya waktu tidur yang cukup, mendapatkan waktu untuk berolahraga, punya kesempatan berekreasi — dengan begini mereka akan lebih produktif saat bekerja. Selama ini banyak orang terjebak dalam pusaran kerja terlalu keras. Mereka tidak bisa berhenti menyentuh pekerjaan dan memikirkan berbagai tugas yang harus diselesaikan — meski di hari libur sekalipun. Kita terlalu mudah untuk jatuh pada lingkaran yang bernama: selalu bekerja setiap saat”

Mungkin kalian perlu mencoba beberapa cara berikut ini, sebagai awal bekerja cerdas di 2017

1.  Buatlah 3 Prioritas yang harus di lakukan setiap harinya

Kalia tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu hari, coba deh kalian buat setidaknya 3 prioritas yang harus kalian lakukan hari itu, ya hanya denga 3 hal terpenting. Jangan pernah menunda untuk melakukannya, manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. Jika 3 hal tadi terselesaikan barulah kalian bisa berpindah ke pekerjaan yang lainnya. Intinya utamakan yang utama, kalian harus bisa menempatkan prioritas sesuai dengan tingkat Urgensi tugas yang ada.

2.  Fokus

Yang dimaksud fokus disini ialah berfokus pada apa yang bisa kalian selesaikan, buka pada seberapa cepat kalian bisa selesaikan. Akan jadi percuma cepat selesai namu hasilnya tidak memuaskan. Bekerja cerdas merupakan cara bagaimana kalian bisa lebih produktif dalam waktu yang singkat, dan tepat. Jangan terpaku pada jam kerja 8 jam, duduk di depan komputer tanpa ada hasil dari apa yang kalian kerjakan.

Mulailah dengan merubah perspektif soal produktifitas, saat ini produktifitas bukan lagi seberapa banyak waktu yang bisa kalian habiskan untuk menyelesaikan sebuah perkejaan, melainkan tentang apa saja yang bisa kalian lakukan dan mampu kalian selesaikan. Bagilah tugas yang kalian terima dalam bagian-bagian kecil yang harus kalian selesaikan dengan maksimal, agar kalian tau apa yang harus kalian lakukan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan itu, step by step.

3.  Ciptakan suasana menyenangkan

Awali hari dengan semangat untuk mulai bekerja dengan produktivitas penuh, jangan jadikan awal hari menjadi beban terhadap pekerjaan yang ada, oleh karena itu kalian harus bisa menyikapinya dengan bijak jangan sampai kalian tiba di kantor tidak tahu apa yang harus di lakukan hari itu, agar kalian tidak hilang arah dan hanya duduk terdiam tanpa menyelesaikan apapun. Disinilah pentingya untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dimana kalian akan tahu kapan benar-benar harus fokus dan memulai pekerjaan. Coba deh mulai pekerjaan seraya di temani secangkir kopi dan lantunan lagu kesukaan, apapun itu yang pada dasarnya bisa membuat kalian nyaman dan merasa santai maka lakukan. Tapi ingat, jangan karena suasananya nyaman lantas kalian lupa dengan pekerjaan yang ada.

4.  Manfaatkan waktu sebaik mungkin

Kita semua memiliki tenggang waktu yang sama, yaitu 24 jam. Tapi kebayakan orang justru berleha-leha dalam melakukan sesuatu yang sebenarnya hanya membuang waktu saja. Setiap orang berfikiran untuk meningkatkan produktifitas, tapi masih saja ada sebagian orang yang lupa akan hal ini, ingin menjadi pribadi yang lebih baik tapi sering menunda atau bahkan menyepelekan waktu yang ada.  Solusinya, evaluasi seluruh kegiatanmu sepanjang hari, temukan pola di mana kamu banyak menghabiskan waktu tapi tidak menghasilkan apapun. Mungkin saat sedang asik Online di Medsos saat, berdandan, atau mungkin saat terjebak macet. Jika permasalahannya sudah di temukan maka coba untuk memperbaikinya, dengan begitu kalian akan lebih tahu apa yang harus di lakukan untuk meningkatkan produktivitas secara maksimal.

5.  Nikmati Hidup

Sebisa mungkin selesaikan pekerjaan hanya DI KANTOR, jangan bawa pekerjaan ke dalam RUMAH. Ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk menikmati hidup. Masa iya semua waktu kalian gunakan untuk kerja ? di kantor kerja, sampai di rumah kerja. Berikan waktu untuk diri sendiri, buatlah rutinitas dimana kamu tahu kapan harus berhenti bekerja dan menikmati hidup bersama keluarga tercinta atau sesuatu bisa membuatmu fresh. Kalian gak mau kan sepanjang waktu di gunakan hanya untuk bekerja.

Salam, Gelaskosong.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *