10 Ide Bisnis Menguntungkan Untuk Para Karyawan (Pemula)

Posted by

Ini adalah artikel  Ke 2 “10 Ide Bisnis (Pemula)” , lanjutan dari artikel “Wooow …. 30 Ide Bisnis Menguntungkan Untuk Para Karyawan “,,

BACA JUGA :

1. Wooow …. 30 Ide Bisnis Menguntungkan Untuk Para Karyawan
2. 10 Ide Bisnis (Pemula)
3. 10 Ide Bisnis (Pebisnis)
4. 10 Ide Bisnis (Profesional)

Jika kamu sudah punya produk sendiri untuk di jual mulailah berpromosi dan open market dari sini.

1.  Jualan diwebsite sendiri

Terkhusus bagi kamu yang sudah punya Blog / Website sendiri dengan ratusan atau bahkan ribuan pengunjung setiap harinya kenapa tidak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dengan cara berdagang (buka begadang) didalamnya ?
Berdagang melalui online sudah pasti tidak asing lagi dan juga sudah banyak dilakukan oleh pengusaha pemula, profesional bahkan kamu para karyawan,, iyaa kamuuuuuu
Manfaatkan blog/ website kamu untuk memperluas market, lumayankan jika dari website saja bisa menambah pundi rupiah kamu. Bahkan tak sedikit juga orang-orang yang 100% penghasilan pokok mereka dari Online saja.

Kalau gak punya website gimana ? ada 2 solusi

  1. Gunakan jasa pembuat website, (terima beres dan pelajari)
  2. Bikin sendiri dan pelajari (bisa jadi ide usaha juga lho kalau kamu memang sudah bisa membuat website) penjelasanya sudah ada dibawah kok

Modal gimana ? website itu murah bahkan ada juga yang gratis.

Gratis :

Seperti www.blogger.com , https://id.wordpress.com, www.wix.com dan masih banyak lagi.

Berbayar : Domain mulai dari puluhan ribu – ratusan ribu ada yang bulanan ada juga yang tahunan., Hosting juga sama, harnya mulai puluhan ribu – ratusan ribu tersedia bulanan dan tahunan. Bingun apa itu domain dan hosting ?

Domain (itu loo yang di ujung belakang sering ada akhiran .com /. net /.id dkk)

Hosting (anggap saja Harddisk online tempat kamu menyimpan semua data mulai dari : database, foto, artikel, video, software dll)

Website gelaskosong.com  ini sendiri, menggunakan domain (gratis) dan hosting berbayar (tahunan) dari Niagahoster.co.id , dulu saya juga pengguna website gratisan dari blogger.com,

Jadi modal buat website sendiri berkisar 100 Ribu – 1 Juta (tergantung pilihan kamu)

Beli website jadi berkisar 500 Ribu – 2 Juta bahkan puluhan juta (Tergantung paket yang dipilih)

1.  Jualan Dengan Media Medsos

Medsos bukan hanya sekedar tempat kekinian doang, manfaatin BBM, Instagram, Facebook untuk berpromosi.

Kalau belum punya produk ?

  1. Pilih dan tentukan jenis produk yang mau kamu jual (Banyak alternatif dipenjelasan bawah)
  2. Cari Supplier / distributor utama dari produk yang mau kamu jual
  3. Cari reseller (beli dan jual lagi)
  4. Dropship (pinjam lapak orang untuk di promosikan di lapak sendiri) jadi perantara

Berjualan adalah cara termudah untuk mendapatkna penghasilan, yang sulit ialah menentukan produk yang mau di jual, kalau sudah ada produk tinggal promosi sebanyak mungkin.

2.  Jualan di pasar online (marketplace)

sudah punya gambaran produk yang mau dijual ?
disini kamu tidak perlu repot-repot buat dan mengelola website sendiri, manfaatkan lapak yang memang sudah disediakan di pasar online seperti :
– Tokopedia
– Bukalapak
– Lazada
– Olx
yang kamu butukan hanya membuat akun dan segera membuka toko dari lapak-lapan online tadi, panduan untuk pembuatan lapaknya yang pasti sudah disediakan oleh masing-masing marketplace.

3.  Jualan dengn sistem Dropshipper (perantara)

Bisa dibilang kamu menjadi perantara / sales dari produk orang lain. jadi ketika ada orang yang mengorder salah satu produk yang kamu sediakan, tugas kamu ialah melanjutkan orderan tersebut ke pihak ketiga si empu yang punya barang fisiknya (kamu kan cuma majang gambar doang), nanti biar si pihak ketiga yang mengirimkan barangnya langsung ke pembeli (tentunya dengan mencantumkan nama toko kamuuuuu ..).

Enaknya jadi Dropshipper ialah

  1. Gak Perlu Banyak Modal
  2. Gak perlu stok barang
  3. Ngeluarin modal hanya ketika ada pesanan
  4. Bisa jualan dari mana aja, diatas pohon sekalipun selagi ada koneksi intenet.

Gak enaknya ada juga :

  1. Profit lebih kecil
  2. Tidak bisa memonitor stok barang
  3. Kualita mungkin tidak terjamin (bahkan terkadang kamu sendiri gak tau bentuk barangnya)

Dan yang pasti kamu juga tetap ikut bertanggung jawab pada pembeli terhadap barang yang kamu pasarkan sekalipun kamu cuma sekedar perantara saja. Kalau bisa kamu beli dulu sample produk yang mau kamu  jual itu, biar kamu juga tau sendiri kualitas dan bentuknya itu barang.

4.  Jualan Iklan Orang

Hal ini berhubungan dengan Ide no 1 diatas, jika kamu sudah punya blog/ website sendiri kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyediakan space iklan di blog/ website kamu tadi. Jika memang jumlah pengunjung website kamu cukup banyak, ratusan atau bahkan ribuan pengunjung perhari pastinya akan ada orang yang bersedi menyewa lapak iklan di websie kamu, ada yang bayar bulanan bahkan tahunan atau ada juga yang bersedia mebayar per orang klik iklan tadi, bisnis ini sebuk PPC (Pay Per Click).
Gak sulit kan ? bisa dapat orderan dari toko sendiri dan tambahan duit dari lapak iklan yang kamu jual. Dan yang pasti dalam hal ini kamuu juga harus bekerja sama dengan si mbah Google, daftar dulu disini Google Adsense 

5.  Marketing Affiliate

Marketi Affiliate sama halnya kamu mempromosikan / merekomendasikan produk orang lain, ketika orang tertarik untuk membeli produk yang kamu rekomendasikan tadi makan dari situlah kamu akan mendapatkan keuntungan, seklias memang hampir sama dengan sistem Dropship diatas tapi bedanya disini kamu tidak perlu menjual, cukup promosi saja nantinya pembeli akan langsung menghubungi di penjual utama bukan kamu.

Perantara promosinya bisa dimana saja ? banyak banget
bisa dari blog/ atau website sendiri (punya website itu juga sumber penghasilan lhoo)

makanya buruan buat website di Niagahoster.co.id lagi ada diskon lhooo

6.  Menjual Informasi

Setiap hari yang namanya informasi patinya sangatlah amat dibutuhkan oleh orang, produknya seperti apa ? produk yang hanya berisi informasi seperti Ilmu tutorial berbagai macam cara. Bisa berbentuk Buku (fisik), eBook (electric Book), Video atau bahkan audio (suara kamu lagi nyanyi juga bisa dijual lhoo,, kalau emang suaranya bagus ada kemungkinan produser rekaman bersedia untuk menjualnya ke publik).

Penjualan produknya bisa kamu jugal secara langsung di marketplace atau dengan sistem Affiliate. Bisa juga kamu tuliskan sedikit ringkasan produk itu di website kamu sendiri, versi lengkapnya jika memang mereka butuhkan bisa dengan membeli ke kamu. atau kamu jual bisa jual dan share informasi kamu di
– Ratakan.com
– Youtube.com
– Jualio.com
– Clickbank.com
– guides.co
Tapi, pastikaan informasi yang kamu jual isi bermutu dan lebih mendalam dari pada artikel serupa yang banyak ditemukan di blog, dan buatlah panduan secara terperinci mulai dari A – Z dengan rapi dan mudah dimengerti.

Cara buatnya gimana ? mulailai dari hoby dan keahlian kamu misalnya kamu seorang teknisi komputer, maka buatlah eBook/Video/Audio tentang tutorial seputar teknisi komputer. Selagi kamu ada klien offlien yang komputer / laptopnya kamu perbaiki gak ada salahnya kamu sedikit Exis di kamera sambil membuat tutorial perbaikan.

Banyak orang diluaran sana yang mencari sumber informasi untuk menyelesaikan masalah mereka dengan komputernya sendiri, komputer kantor, komputer pacar, atau komputer selingkuhannya, disitulah kamu hadir untuk menawarkan solusi dari permasalahan mereka.

Mudah bukan ? 1 Pekerjaan 2 Sumber penghasilan, dapet gaji dapet orderan juga dari jualan.

7.  Jadi Guru Online

Pernah bercita-cita jadi guru tapi gak kesampaian ? masih ingat pelajaran-pelajaran mendasar dari SD – Materi kuliah dulu ? manfaatkan ilmu itu dan bebaskan dari fikiran anda. ingat ilmu yang bermanfaat itu lebih bermanfaat (benar apa benar).

Jadilah guru online, melalui perantara website (Masih ragu manfaat website) dan  Youtube. Utamakan cara kalian menyampaikan informasi dalam bentuk Video atau Audio. Jika memang materi yang kalian sampaikan berkualitas, para pelajar online ini tentunya tidak akan keberatan untuk repeat order ilmu yang kalian bagi itu. Berikan 1 Sample materi dalam bentuk Video dan Audio secara gratis agar calon murid kalian bisa tau dulu kulitnya, dari materi yang ingin mereka pelajari.

Kalau kalian punya website bisa memanfaatkan plugin yang memang dikhusukan untuk membuka kursus online seperti

WordPress + plugin Zippy Courses

Mudah ? Mudah banget .. gak ada yang susah kok selagi mau berusaha, apalagi sudah punya banyak skill yang terpendam. Buruan keluarin ilmu-ilmu saktinya,, biar bisa bermanfaat bagi orang banyak.

8.  Mneyediakan Jasa Desain

Kalau kalian saat ini bekerja sebagai seorang desain grafis disalah satu kantor atau percetakan, tidak ada salahnya kalian menyediakan jasa pembuatan desain , bisa berupa desain logo, desain kaos atau lainnya. Jualnya di mana ? paling utama kalian jual di website sendiri (website lagi tuu), Marketplace, Medsos, atau di tempat lainnya. Bisa juga kamu jadikan keahlian ini dengan menjadi guru online seperti diatas, atau kalian juga bisa menjadi pekerja lepas di online. Begitu banyak para pengguna internet yang membtuhkan jasa desain dan mencarinya di online. seperti di :

www.sribulancer.com / www.freelancer.co.id/  /  https://projects.co.id/

Sebagai penyedia jasa desain, lingkup market kamu tidak terbatas, bisa sedaerah, se kabupaten, se provinsi, bahkan se dunia (ya iyalah ,, kan online), kalau sudah mencakup internasonal pastikan kamu sudah siap dengan perbedaan yang ada, seerti pemahanan bahasa .. hehee

9.  Jual Hasil Desain

Kalau memang waktu untuk mengerjakan orderan desain tidak mencukupi karena bentrok dengan jam kerja kamu, tidak ada salahnya kamu menjual hasil desain yang ada saja di online, misalnya saja konsep desain photoshop, presentasi, logo atau icon yang mana si pembeli bebas untuk menyesuaikan dengan kebutuannya. Jadi kalian cuma jual mentahnya saja

Tempat jualnya dimana ?
– Website sendiri (lagi-lagi website)
– Graphicriver.net
– Creativemarket
– Iconfinder.com

10.  Menjual Foto (untuk ilustrasi)

Disini sih gak beda jauh dengan ide diatas, yang kalian butuhkan pastinya seperangkat kamera yang cukup baik (agar hasil jepretan bagus gitulooo). Tujuannya untuk apa jualan foto ?

Misalnya begini : saya sedang membuat artikel yang bertemakan tentang kekompakan TeamWork, maka pastinya saya membutuhkan gambar sebagai ilustrasi orang-orang yang sedang kerja team dengan kompaknya. Foto-foto guna ilustrasi ini masih banyak dibutuhkan oleh para penulis dan pemilik website, tentunya dengan foto-foto yang berkualitas.

 

One comment

  1. Saya sendiri salah satu pelanggan Niagahoster dan jujur sangat puas dengan pelayanannya. Niagahoster cocok sekali untuk website toko online, apalagi dengan diskspace dan bandwidth yang unlimited. Sukses Niagahoster

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *