Mau Sukses Muda Seperti Mark Zuckerberg ?

Posted by

Gelaskosong – Rasanya tak perlu di jelaskan lagi siapa si Mark Zuckerberg itu, sudah pasti kalian semua mengenal bahkan sangat menikmati Sosial Media Facebook buatannya. Yupps,, dialah CEO dan C0-Founder dari Facebook yang saat ini merupakan salah satu pengusaha muda terkaya di dunia. Dibutuhkan waktu yang tak sebentar bagi Mark Zuckerberg membawa Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia, pada usia 20an Mark Zuckerberg memiliki 2 prestasi mengagumkan, pertama membangun perusahaan berskala Global, padahal ia adalah mahasiswa yang memustuskan untuk drop out dari salah satu universitas ternama didunia. Semua kesuksesan Mark Zuckerberg bukanlah suatu keberuntungan semata, semua terjadi berkat usahanya dalam mewujudkan apa yang ia Impikan, walaupun awalnya dimulai dari keisengan saja sih.

Berikut ini 10 Kebiasaan Mark Zuckerberg Yang Patut Dicontoh dan oleh kita semua.

1.  Punya Visi

Jelas ini merupakan hal yang wajib dimiliki setiap orang yang memiliki Impian besar. Visi Mark Zuckerberg ialah membuat dunia lebih terbuka dan saling terhubung, terbukti dengan pertumbuhan Facebook ia telah mencapai visinya.

Mark Zuckerberg adalah orang yang sederhana yang tidak suka berfoya-foya menghamburkan uang gak jelas. Meskipun kini Facebook telah merajai sosial media di duni, kebiasaan itu tetap ia jaga bahkan ia tularkan pada timnya.

2.  Tidak Takut Gagal

Ibarat bermain game, Game Over tak pernah hilang dalam permainan, tapi keputusan ada di tangan kalian, Try Again ? or No ?

Feedback negatif dari para pengguna Facebook diseluruh dunia tidak membuatnya berhenti memperjuangkan dan mempertahankan pencapainnya. Justru hal itu merupakan ladang baru bagi Mark Zuckerberg untuk mencoba hal-hal baru agar Facebook menjadi lebih baik lagi bahkan dengan resiko yang ada. Walaupun semua Inovasi kreatif  tak di sambut baik oleh penggunanya, Facebook masih mendunia hingga saat ini.

3.  Keluar Dari Zona Nyaman

Untuk menjadi seorang pemimpin yang bermental baja, otot kawat, tulang besi (Gatot Koco) kalian haru melalui berbagai macam cobaan dan kegagalan sebelum meraih apa yang kalian impikan. Berani melangkah jauh lebih jauh dari orang lain dengan resiko yang ada, Mark Zuckerberg rela memangkas waktu istirahatnya dan melakukan semua hal baru bahkan dia sendiri tak sukai hal itu.

4.  Bersedia Menerima Kritik

Banyak sekali orang akan mudah marah, patah semangat, bahkan frustasi ketika berhdapan dengan sebuah kritikan, bagi Mark Zuckerberg kritik adalah kapsul ajaib untuk membuat facebook menjadi yang lebih baik dari yang terbaik. Coba deh kalian tonton film “The Sosial Netwok”, disitu kalian akan tau bagaimana perjuangan seorang Mark Zuckerberg dalam membangun Facebook.

5.  Jadilah Bunglon

Contohlah bunglon,ia selalu siap beradaptasi disetiap kondisi dimana ia di letakkan. Jangan jadi orang yang kaku bahkan terlalu fanatik, lepaskan kacamata kuda yang kalian pakai itu, ketika Mark Zuckerberg dihadapkan dengan kritik atas tuduhan privasi para pengguna Facebook, ia pun cepat beradaptasi dan kemudian memberikan akses lebih kepada para pengguna Facebook akan privasi mereka. Belajar cepat tanggap di setiap kondisi, dan menyelesaikan semua masalah yang ada dengan solusi terbaik.

6. Bangunlah Kepercayaan

Sebagai seorang CEO muda Facebook, ia tak perlu mengontrol segala sesuatunya sendiri. Mark Zuckerberg tau kapan harus membuat sebuah kebijakan dan keputusan serta kapan harus melepaskan kontrol dan tanggungjawabnnya kepada Tim. Contohnya, aplikasi Translate yang kini ada pada Facebook merupakan keputusan para TIM dan persetujuan dari Mark Zuckerberg. Bangunlah kepercayaan sesama TIM.

7.  Membangun Relasi Bisnis Yang Tepat

Pentingnya membangun relasi bisnis yang tepat tentu akan sangat berpengaruh dalam perkembangan sebuah perusahaan. Pada awalnya Mark Zuckerberg hanya memiliki lingkup pertemanan yang sedikit, tapi setelah ia merintis Facebook ia mulai berfikir untuk bisa menjalin kerjasama dengan orang-orang yang ahli dalam suatu bidang, sebut saja Peter Thiel (LinkedIn) dan Sean Parker (Napster). Sebagaimanapun hebatnya seseorang tidak akan mampu menjalankan sebuah perusahaan dengan baik hanya seorang diri.

8.  Memberi Kebebasan Pada Karyawan

Inovasi itu perlu, terutama bagi perusahaan seperti Facebook. Seakan wajib terus menerus berinovasi menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mark Zuckerberg berani mengambil resiko untuk mengembangkan minat para karyawannya, semua demi perkembangan yang lebih baik dari Facebook itu sendiri, karena Facebook bukan hanya milik Mark sendiri, tapi milik semua orang diseluruh dunia. Mark Zuckerberg memberikan kebebasan bagi karyawannya dalam memilik proyek-proyek yang benar-benar sesuai dengan minat mereka, sehingga mereka memiliki keberanian, keyakinan dan kebebasan dan bersuara, dan tentunya dengan penuh tanggungjawab.

9.  Tidak Mudah Terintimidasi

Sebagus dan sebaik apapun produk perusahaan yang dimiliki tetap saja membutuhkan pendanaan. Pamor Mark Zuckerberg yang sukses diusia muda dengan Facebooknya membuat para Investor berdatangan, tak sedikit juga dari para investor tadi seakan mengintimidasi Mark Zuckerberg dengan lembaran cek yang mungkin saja bisa dengan mudahnya mengubah budaya dari Facebook. Hanya karena mereka lebih berpengalaman atau bahkan lebih senior bukan berarti Mark Zuckerberg harus tunduk, keputusan terbaik bukanlah dinilai dari banyaknya dana mengalir untuk perusahaan tapi keputusan terbaik adalah penentuan yang terbaik untuk perusahaan.

10.  Memiliki Jiwa Leadership Terbaik

Tujuan adalah hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan, arah perahu berlayar tergantung kaptennya. Mark Zuckerberg berhasil menyatukan tujuan dirinya untuk Facebook bersama Tim yang ia gandeng, saling bekerja sama, bekerja keras dan terus berinovasi demi satu tujuan yang akan di capai bersama-sama.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *